BLORA, Lingkarjateng.id – Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Blora menyediakan call center atau nomer telepon 26 Puskesmas di Blora. Kebijakan tersebut bertujuan untuk mempermudah pelayanan kesehatan kepada masyarakat.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, Edy Widayat menjelaskan, apabila masyarakat ingin bertanya mengenai pelayanan kesehatan yang ada di wilayah masing-masing, maka bisa langsung menghubungi call center yang telah disediakan.
“Jadi, call center ini untuk mempermudah masyarakat dalam pelayanan kesehatan di wilayah mereka sebelum pergi ke Fasilitas Kesehatan (Faskes),” ucap Edy Widayat di Blora, pada Kamis, 25 Mei 2023.
Edy berharap dengan adanya call center ini, masyarakat yang ada di setiap kecamatan tidak perlu sungkan untuk bertanya mengenai pelayanan kesehatan yang disediakan di Puskesmas.
“Silahkan tanya apa saja soal pelayanan. Sehingga masyarakat terlayani dengan baik,” ucapnya.
Ia menambahkan, masyarakat dapat menggunakan layanan call center tersebut dengan semaksimal mungkin.
“Monggo digunakan dengan baik dan semoga bermanfaat untuk masyarakat Blora,” imbuhnya.
Selain itu, ia juga meminta kepada seluruh petugas kesehatan di Puskesmas agar dapat meningkatkan dan memperbaiki sistem pelayanan kesehatan di masing-masing wilayah. Sehingga masyarakat dapat memanfaatkan seluruh pelayanan dan fasilitas kesehatan Puskesmas.
Lengkapi Fasilitas Kesehatan dengan 36 USG
TAK HANYA ITU, ia menyebut bahwa Dinas Kesehatan Kabupaten Blora saat ini telah memiliki alat kesehatan (alkes) berupa 36 Ultrasonografi (USG) yang tersebar di 26 Puskesmas dan sudah beroperasi sejak Januari 2023.
“Saat ini baru 2 dimensi, layanan dibuka Januari kemarin,” tuturnya.
Dengan adanya USG di masing-masing Puskesmas ini, Edy berharap para ibu hamil bisa memanfaatkan fasilitas kesehatan tersebut untuk mengetahui jenis kelamin dan gambaran wajah calon bayi.
“Tidak lagi harus ke rumah sakit, cukup di Puskesmas terdekat. Pelayanan khusus USG di Puskesmas ini tersedia setiap hari. Semua dokter umum sudah terlatih, terampil, dan sudah bisa melayani,” jelasnya.
Dengan adanya pelayanan USG ini, Edy berharap, masyarakat dapat terlayani dengan baik di masing-masing Puskesmas yang ada di seluruh kecamatan di Kabupaten Blora.
“Yang dulu hanya dilakukan di rumah sakit, sekarang bisa dilakukan di Puskesmas,” katanya.
Lebih lanjut, Edy menjelaskan bahwa USG adalah sebuah metode pemeriksaan menggunakan bantuan gelombang suara dengan frekuensi tinggi untuk menampilkan gambar dalam tubuh. USG menggunakan alat bernama transduser yang memancarkan gelombang suara dengan frekuensi tinggi. Alat tersebut akan ditempelkan pada kulit kemudian hasilnya akan terlihat jelas pada layar USG.
“Biasanya, perkembangan janin dalam kandungan dapat dilihat melalui USG sejak memasuki minggu ke 23-23. Sebab pada usia tersebut, kandungan masih memiliki banyak ruang sehingga bayi bisa terlihat dengan jelas. Begitu memasuki minggu ke 27-32, diperlukan USG 3D untuk mendapatkan gambaran wajah bayi yang lebih jelas lagi,” jelasnya. (Lingkar Network | Koran Lingkar)
Daftar Call Center Puskesmas di Kabupaten Blora
- Doplang : 082138006342
- Randulawang : 088239441400/(0296)4318028
- Randublatung : (0296) 810033
- Kutukan : 081252173959
- Menden : 085727406809/(0296)4310020
- Kedungtuban : 081391840777
- Ketuwan : 081389028118
- Cepu : 082137976720
- Ngroto : 087710544547
- Kapuan : (0296) 4271287
- Sambong : 088801910119
- Jiken : 085640140881
- Bogorejo : 081390935892
- Jepon : (0296) 525018
- Puledagel : 085757530712
- Blora : 0882008148094
- Medang : 0881225016662
- Banjarejo : 0882003800388
- Tunjungan : 0895420861200
- Japah : 081229419044
- Ngawen : 081524756870, (0296)361026
- Rowobungkul : 085282812628
- Kunduran : 081325432509
- Sonokidul : 085229260255
- Todanan : (0296) 4319531, 082314302049
- Gondoriyo : 081353641717