Wujudkan Data Terpadu, Inovasi DataKu Pemkot Salatiga Masuk Finalis KIPP

PRESENTASI: Penjabat (Pj) Wali Kota Salatiga, Sinoeng N. Rahmadi (tengah) saat presentasi inovasi DataKu yang masuk finalis KIPP 2023. (Dok. Humas Pemkot Salatiga/Lingkarjateng.id)

PRESENTASI: Penjabat (Pj) Wali Kota Salatiga, Sinoeng N. Rahmadi (tengah) saat presentasi inovasi DataKu yang masuk finalis KIPP 2023. (Dok. Humas Pemkot Salatiga/Lingkarjateng.id)

SALATIGA, Lingkarjateng.id – Inovasi DataKu Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga masuk top finalis Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tahun 2023. DataKu merupakan inovasi menuju Satu Data Salatiga yang digagas Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Salatiga.

Penjabat (Pj) Wali Kota Salatiga, Sinoeng N. Rahmadi yang hadir di hadapan Tim Panel Independen (TPI) menjelaskan bahwa DataKu bertujuan untuk menyediakan informasi data statistik sektoral, informasi data statistik dasar, maupun informasi data lainnya yang mudah diakses oleh masyarakat melalui dataku.salatiga.go.id serta dapat dibagipakaikan antar perangkat daerah.

“Latar belakang dari inovasi DataKu adalah: manual ke digital, data tersebar menjadi terpadu (satu data), akses data sulit menjadi mudah akses, belum ada pilah gender. Selanjutnya tujuan dari program adalah keterbukaan informasi publik, dasar melakukan perencanaan, pelaksanaan evaluasi pengendalian pembangunan berbasis data dan pengarusutamaan gender, dan informasi capaian pembangunan daerah,” terangnya saat presentasi secara virtual dari Ruang Kalitaman Gedung Setda Salatiga pada Kamis, 6 Juli 2023.

Dia mengungkapkan dengan adanya DataKu, masyarakat dapat dengan mudah mengetahui capaian pembangunan Kota Salatiga di berbagai sektor. Selain itu, DataKu juga memudahkan bagi pemangku kebijakan dalam mengambil keputusan berbasis data.

“Signifikansi dari penerapan inovasi adalah: peningkatan jumlah data dan publikasi data, layanan publik berbasis elektronik pada indeks SPBE, Tahun 2021 skor 3,00 dan tahun 2022 skor mencapai 3,67 (sumber KemenPAN RB), dan kontribusi DataKu pada pilar pembangunan hukum dan tata kelola SDG’s masuk pada goal 16,” bebernya. (Lingkar Network | Lingkarjateng.id)

Exit mobile version