Dinkes Karanganyar Siapkan 300.000 Dosis Vaksin untuk Anak

B1 1

COVID-19: Vaksinasi pelajar SMP pada pusat vaksinasi Dinas Kesehatan di PMI Karanganyar beberapa waktu lalu. (Pujoko/Lingkarjateng.id)

KARANGANYAR, Lingkarjateng.id – Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar (Dinkes Karanganyar), menyiapkan 300.000 dosis vaksin untuk diberikan kepada anak-anak. Pemberian vaksinasi terhadap anak-anak tersebut akan dimulai Senin pekan depan.

Kepala Dinas Kesehatan Karanganyar, Purwati menyampaikan, perkembangan vaksinasi dosis 1 dan 2 di Kabupaten Karanganyar sudah lebih dari 70 persen.

“Sekarang tinggal melakukan vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun. Logistik sudah siap. Ada 300.000 dosis dan tinggal disuntikkan ke anak,” kata Purwati, kemarin.

Disdik Semarang: Vaksinasi Anak harus Seizin Orang Tua

Sementara Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Karanganyar, Warsito menyampaikan, vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun di Karanganyar akan dimulai 27 Desember 2021.

Dalam pelaksanaan vaksinasi nanti, kata Warsito, anak harus didampingi orang tua. Hal itu guna membantu proses skrining saat akan dilakukan penyuntikan. “Proses vaksinasi anak usia 6-11 ini sama dengan dewasa. Ada skrining ada pengisian formulir. Supaya pengisian formulirnya sesuai, perlu ada orang tua yang mendampingi,” terang Warsito.

Warsito menambahkan, pelaksanaan vaksinasi anak-anak dilakukan di sekolah oleh tenaga medis dari Puskesmas setempat. “Ada ketentuan bagi peserta vaksinasi anak-anak ini. Di antaranya sudah lewat 14 hari jika anak mengikuti penyuntikan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS). Selain itu, tekanan darahnya tidak lebih dari 140/90,’’ kata Warsito. (Lingkar Network | Koran Lingkar Jateng)

Exit mobile version