*Oleh: Daryati,S.Pd. Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 1 Patimuan, Cilacap, Jawa Tengah
MASA pandemi telah berlalu, sehingga sekolah-sekolah sekarang sudah Kembali aktif dalam pembelajaran tatap muka,demi menumbuhkan semangat siswa untuk belajar khususnya membaca dalam Bahasa inggris, kini sekolahpun Kembali bersemangat menerapkan budaya lierasi. Karena kegiatan lierasi ini merupakan wahana untuk membuka wawasan dan menambah ilmu pengetahuan. Pada era informasi saat ini, kebutuhan untuk mendapatkan informasi yang tepat memerlukan kemampuan literasi yang memadai. Banyaknya informasi yang beredar dengan cepat, menuntut kemampuan untuk memahami,memilih dan memanfaatkan informasi tersebut dengan baik.
Kegiatan literasi ini bertujuan agar siswa mampu memperluas pengetahuannya, melatih konsentrasi belajar serta menambah kosa kata.Permasalahan utama dalam menumbuhkembangkan minat membaca dalam rangka meningkatkan literasi adalah kurangnya motivasi dari siswa. Siswa kurang berminat untuk membaca karena merasa kesulitan untuk menemukan bahan bacaan yang di sukai dan di minatinya.sesuatu yang di sukai dan di minati oleh siswa dapat menumbuhkan semangat membaca.hal ini dapat di tingkatkan lebih lanjut ke bacaan dalam Bahasa inggris.
Membaca buku Bahasa inggris bisa di mulai dari bacaan yang sederhana seperti cerita bergambar dapat menambah kosa kata dan melatih siswa untuk mengenali Bahasa yang umum di gunakan. Secara tidak langsung hal itu dapat menumbuhkan rasa ingin tahu siswa untuk memahami kosa kata baru yang mereka dapatkan.Tanpa di sadari mereka mulai tertarik untuk membaca.Terlebih lagi apabila siswa di berikan buku – buku dengan topik yang mereka sukai. Itulah salah satu Langkah awal untuk menarik minat membaca siswa khususnya pada mata pelajaran Bahasa inggris.
Aktifitas membaca terutama dalam Bahasa inggris, membutuhkan situasi yang menyenangkan. Siswa di beri kesempatan untuk memahami bahan bacaannya.Setelah itu berikan tindak lanjut melalui kegiatan diskusi, perbanyak Latihan misalnya cerita ulang atau menceritakan Kembali isi dari sebuah bacaan. Berilah umpan balik dan apresiasi untuk setiap aktifitas yang mereka lakukan. Interaksi antara siswa dan guru sangat di perlukan untuk menjadi moderator yang menyeimbangkan antara siswa yang aktif dan kurang aktif.Pada intinya dari kegiatan membaca ini sebisa mungkin seluruh siswa menuju ke arah literasi yang lebih baik lagi dan lebih meningkat kan wawasan dan pengetahuan para siswa.