5 Ide Menu Berbuka Puasa yang Kekinian di Bulan Ramadhan

5 Ide Menu Berbuka Puasa yang Kekinian di Bulan Ramadhan

ILUSTRASI: Minuman manis untuk berbuka puasa. (Freepik/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Bulan Ramadhan selalu menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu bagi umat muslim. Saat berbuka puasa, akan semakin lengkap jika terdapat berbagai hidangan yang menyegarkan.

Menu untuk berbuka puasa bisa dibuat di rumah agar lebih hemat dan higienis. Kamu bisa membuat beberapa menu berikut ini, untuk kamu sajikan nanti saat berbuka puasa.

Berikut ini resep dari ide menu berbuka puasa di bulan Ramadhan yang kekinian.

1. Strawberry Pannacotta

Sumber: Instagram @resepsegarmanis

Ide menu berbuka puasa yang pertama adalah Strawberry Pannacotta. Resep ini terinspirasi dari akun instagram @mamimiko01. Bahan-bahan yang perlu kamu siapkan adalah :

Cara membuatnya yaitu masukkan susu, jus stroberi, dan gula kemudian aduk rata. Nyalakan api kecil, rebus sambil diaduk hingga berbuih kecil di pinggiran panci. Masukkan 1 sendok susu ke dalam gelatin, aduk rata lalu tuang kembali ke dalam panci. Masukkan vanila kemudian aduk rata. Matikan api. Tuang ke dalam gelas saji. Dinginkan di dalam lemari es. Jika sudah, beri topping whipped cream dan hias sesuai selera lalu sajikan.

Berikut ini cara melatih anak berpuasa sejak dini

Latih Anak Puasa Ramadhan, Bagaimana Caranya?

2. Alpukat Jagung Mutiara

Sumber: Instagram @resepsegarmanis

Ide menu yang kedua untuk berbuka puasa adalah Alpukat Jagung Mutiara. Resep ini terinspirasi dari akun instagram @al.rasyi.kitchen. Bahan-bahan yang perlu kamu siapkan adalah:

Cara membuatnya cukup mudah. Pertama, kamu harus membuat saus terlebih dahulu dengan mencampur santan, whipping cream, susu kental manis dengan 50 ml air mineral. Aduk rata lalu masak hingga mendidih, aduk terus. Jika sudah matikan api lalu dinginkan. Langkah kedua, siapkan wadah, letakkan jagung, sagu mutiara dan alpukat berselang-seling. Tata semenarik mungkin, lalu guyur dengan saus tadi yang sudah kamu buat di langkah pertama. Jika sudah, kamu bisa menambahkan es batu sesuai selera.

3. Es Dawet Susu Markisa

Sumber: Instagram @resepsegarmanis

Ide menu yang ketiga untuk berbuka puasa adalah es dawet susu markisa. Resep ini terinspirasi dari akun instagram @dhiahoddie. Bahan-bahan yang perlu kamu siapkan adalah:

Cara membuat es dawet susu markisa sangat mudah. Pertama, masukkan santan dan susu segar ke dalam gelas saji. Kedua, tambahkan dawet beras warna hijau dan nata de coco serta es batu. Lalu, tuang gula cair dan tambahkan sirup markisa dan sajikan.

4. Es Buah Hongkong

Sumber: Instagram @resepsegarmanis

Ide menu berbuka puasa yang keempat adalah es buah hongkong. Resep ini terinspirasi dari akun instagram @eunice_euston. Bahan-bahan yang perlu kamu siapkan adalah:

Cara membuat es buah hongkong sangat praktis yaitu campur creamer, dan gula dengan air. Aduk rata sampai gula larut. Masukkan buah, jelly, cincau, selasih ke dalam wadah. Tuang campuran creamer tadi, aduk sampai rata lalu simpan dalam kulkas. Jika sudah cukup dingin, kamu bisa menyajikan untuk keluargamu.

5. Es Bongko Pandan

Sumber: Instagram @resepsegarmanis

Ide menu berbuka puasa selanjutnya yaitu Es bongko pandan. Resep ini terinspirasi dari akun instagram @dhiahoddie. Bahan-bahan yang perlu kamu siapkan yaitu:

Cara membuatnya, Pertama, kamu harus membuat adonan bongko terlebih dahulu dengan cara, memasukkan semua bahan, aduk sampai halus dan tidak bergerindil. Masak dengan api kecil sambil diaduk sampai matang dan mendidih, lalu angkat. Tuang pada Loyang, biarkan sampai dingin lalu potong sesuai selera dan sisihkan.

Kedua, kamu harus membuat kuah santan dengan memasukkan semua bahan, masak dengan api kecil sambil diaduk sampai mendidih, lalu angkat dan sisihkan. Ketiga, kamu harus membuat sirup gula merah. Masak semua bahan. Aduk-aduk sampai gula larut dan mendidih, angkat lalu sisihkan. Pada tahap terakhir, masukkan bongko pandan, kuah santan, sirup gula merah, dan es batu sesuai selera lalu sajikan.

Kulit kering saat berpuasa? Yuk, baca tips berikut ini

5 Tips Menjaga Kesehatan Kulit Selama Puasa Ramadan

Itulah beberapa ide menu buka puasa di bulan Ramadhan yang kekinian. Kamu bisa menyajikan menu-menu di atas untuk keluarga tercinta. Dari kelima ide di atas, mana yang akan kamu coba?. (Lingkar Network | Shinta – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version