7 Olahraga Ringan yang Efektif untuk Pekerja Kantoran

OLAHRAGA: Sejumlah orang melakukan olahraga ringan di sela kesibukan. (Freepik/Lingkarjateng.id)

OLAHRAGA: Sejumlah orang melakukan olahraga ringan di sela kesibukan. (Freepik/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Olahraga adalah bagian penting dari gaya hidup sehat, tetapi tak sedikit masyarakat yang mengaku tidak punya waktu untuk olahraga. Terutama bagai masyarakat yang memiliki rutinitas sebagai pekerja kantoran. Pekerja kantoran seringkali menghadapi tantangan dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh akibat lamanya waktu yang dihabiskan duduk di depan komputer.

Pekerja kantoran yang minim gerak karena bekerja dalam posisi duduk selama berjam-jam setiap hari berisiko mengalami berbagai gangguan kesehatan. Efek buruk banyak duduk di antaranya gampang sakit pinggul dan punggung, bahu dan leher mudah kaku, rentan terkena varises, dan kaki menjadi lemah.

Meskipun menjalani rutinitas kantor yang sibuk, seharusnya bukan menjadi alasan untuk melewatkan olahraga. Ada beberapa jenis olahraga yang efektif dan dapat diakomodasi dalam jadwal kerja yang padat. Berikut adalah beberapa pilihan olahraga yang cocok bagi pekerja kantoran yang sibuk:

1.Rajin Melakukan Peregangan

Posisi duduk akan membuat sejumlah bagian tubuh terasa kaku, seperti bagian pundak, leher, dan punggung. Lakukanlah peregangan di sela-sela waktu untuk mengurangi kekakuan dengan meregangkan leher ke kanan dan kiri ke arah pundak secara perlahan dan tahan selama 10 detik. Praktikkan gerakan ini dalam posisi duduk dengan posisi punggung tegak serta kaki ditekuk rileks selebar bahu.

Kamu juga bisa melakukan peregangan pundak. Ambil posisi duduk dan gerakkan pundak ke arah atas hingga menekati telinga, lalu tahan 3 – 5 detik dan ulangi gerakan beberapa kali.

Lalu untuk mengurangi kekakuan pada punggung, lakukan peregangan dengan mengangkat kedua tangan lurus ke atas dengan kedua telapak tangan saling berkaitan, lalu miringkan tubuh ke kanan dan kiri secara perlahan dan bergantian.

2. Kardio Sederhana

Meskipun saat weekdays sibuk, usahakan saat akhir pekan melakukan olahraga ringan seperti kardio. Olahraga kardio seperti berjalan cepat, berlari di tempat, high knees, jumping jack, dan bersepeda bisa menjadi pilihan tepat. Melakukan kardio akan membantu meningkatkan sirkulasi darah, membakar kalori, dan menjaga energi.

3. Latihan Kekuatan Tubuh

Latihan kekuatan seperti push-up, squat, dan plank dapat kamu lakukan untuk menjaga kebugaran tubuh. Gunakan berat badan sendiri atau benda-benda sekitar sebagai alat bantu. Latihan kekuatan membantu membangun otot dan meningkatkan kekuatan tubuh secara keseluruhan.

4. Meditasi Ringan

Yoga atau meditasi ringan adalah cara yang baik untuk mengatasi stres dan meningkatkan keseimbangan tubuh dan pikiran. Kamu dapat meluangkan waktu singkat di pagi atau siang hari untuk melakukan beberapa gerakan yoga atau meditasi yang dapat membantu merilekskan tubuh dan pikiran.

5. Olahraga Intervall Training (HIIT)

HIIT melibatkan sesi latihan intensif selama beberapa menit, diikuti oleh periode istirahat singkat. Ini adalah cara efektif untuk membakar kalori dan meningkatkan kebugaran dalam waktu singkat. Cobalah beberapa gerakan seperti lompat tali, squat jump, atau burpee.

6. Berjalan Kaki Saat Istirahat

Alihkan sebagian dari waktu istirahat makan siang untuk berjalan-jalan di sekitar gedung kantor atau di luar ruangan. Ini bukan hanya olahraga yang baik, tetapi juga dapat memberikan udara segar dan memberi pikiran istirahat sejenak.

7. Gunakan Alat Olahraga Portabel

Bawa alat olahraga portabel seperti bola kekuatan, gelang resistensi, atau alat latihan tubuh lainnya ke kantor. Kamu dapat menggunakan alat ini untuk latihan kekuatan dan peregangan selama istirahat singkat di kantor maupun ketika di rumah.

Meskipun sibuk bekerja, luangkanlah waktu untuk melakukan olahraga. Ketujuh jenis olahraga di atas dapat kamu lakukan dan sangat efektif bagi kamu yang mengaku tidak punya banyak waktu karena lelah butuh istirahat setelah bekerja.

Akan tetapi perlu diingat untuk selalu memulai dengan intensitas yang sesuai dan melakukan pemanasan sebelum melakukan olahraga. Kesehatan adalah aset berharga, dan menjaga tubuh tetap aktif meskipun dalam rutinitas kerja yang padat akan membantu meningkatkan produktivitas, energi, dan kualitas hidup secara keseluruhan. (Lingkar Network | Lingkarjateng.id)

Exit mobile version