Sempat Diretas, Channel Youtube Ganjar Pranowo Sudah Kembali Normal

Sempat Diretas, Channel Youtube Ganjar Pranowo Sudah Kembali Normal

RAMAH: Aktivitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang menyapa para pemudik Jawa Tengah yang baru tiba dari Jakarta sudah tayang di Channel Youtube-nya yang sebelumnya sempat diretas. (Tangkapan layar Youtube Ganjar Pranowo/Lingkarjateng.id)

SEMARANG, Lingkarjateng.id Channel Youtube Ganjar Pranowo diretas dan mengakibatkan channel yang telah memiliki 1,26 juta subscriber itu kini hilang. Kejadian ini terjadi pada pada Senin, 25 April 2022 dini hari. Namun, saat ini channel youtube-nya sudah kembali dan sudah dapat menayangkan kembali aktivitas keseharian orang nomor satu di Jawa Tengah itu.

Untuk diketahui, peretasan Channel Youtube Ganjar pertama kali diketahui publik setelah Ganjar menulis di akun instagramnya: “Akun Youtube Channel Ganjar Pranowo telah diretas pihak lain. Saat ini akun sedang coba dipulihkan dengan bantuan pihak Youtube. Mohon berhati-hati jika ada yang mengatasnamakan Youtube Ganjar Pranowo.”

Di akun @ganjar_pranowo tersebut juga disertai penjelasan jika akun diretas dan tidak bisa diakses sejak Senin, 25 April 2022 dini hari.

Ada Pemudik Jateng Belum Terima THR, Gubernur Ganjar: Lapor ke Disnakertrans

“Bahkan nama akun sempat berubah atau di-rename menjadi akun lain. Saat ini akun tidak bisa diakses sama sekali,” tulis Ganjar.

Dari data yang terkumpul, diketahui Channel Ganjar Pranowo diketahui diretas pada Senin, 25 April 2022 pukul 04.10 WIB. Tim Ganjar mengetahuinya berdasarkan laporan puluhan warganet yang mengirim DM instagram.

Ketika tim mengecek, ternyata benar. Channel youtube Ganjar Pranowo tiba-tiba sudah berganti nama menjadi Binance Live. Pihak yang meretas itu mengganti nickname, display picture, dan banner youtube.

Semua konten dari youtube Ganjar Pranowo di-private, dan mereka melakukan live streaming untuk penayangan konten Binance.

Gubernur Ganjar Lunasi Tunggakan BPJS Royta hingga Dapatkan KIS

Ketika tim mencoba memulihkan, mendadak muncul tulisan sign out dan disuruh login kembali. Berikutnya, muncul keterangan bahwa channel Youtube sudah hilang atau tidak tertaut dengan email semula.

Ganjar menambahkan, sampai saat ini tidak ada pesan dari pihak mana pun yang mengaku bertanggung jawab terhadap peretasan tersebut.

“Saya belum tahu siapa yang melancarkan serangan ini. Entah kerjaan orang iseng  atau ada maksud-maksud tertentu. Mohon doa agar channel Ganjar Pranowo segera bisa dipulihkan,” harapnya.

Beruntung, pemulihan berhasil dilakukan dan sekarang Channel Youtube Ganjar Pranowo sudah eksis kembali. Terpantau, 16 jam lalu ada tayangan baru tentang aktivitas Gubernur Jawa Tengah itu tengah menyapa rombongan mudikers Jawa Tengah yang baru tiba dari Jakarta. (Lingkar Network | Nailin RA – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version