Mengenal Oli Mesin, Suplemen Vital Bagi Kendaraan

Mengenal Oli Mesin Suplemen Vital Bagi kendaraan

Lingkarjateng.id – Salah satu langkah membuat mesin mobil dan motor lebih awet adalah mengganti oli secara rutin. Oli yang tidak diganti secara teratur bisa menyebabkan performa mesin menurun bahkan menyebabkan kerusakan.

Oli mesin mobil terbaik bisa dikategorikan menjadi 3 macam yaitu oli mineral, oli semi sintetik, dan oli sintetik. Dari ketiga oli mesin tersebut, yang membedakan adalah bahan bakunya.

Berbicara mengenai oli, apa sih fungsinya oli bagi mesin? Lalu apa itu oli semi sintetik? Apa oli semi sintetik yang paling direkomendasikan?. Temukan jawabanmu dengan membaca artikel berikut ini.

Apa Fungsinya Oli bagi Mesin?

1. Lubricating

Oli akan membantu melumasi (Lubricating) komponen dan setiap pertikel mesin. Kinerja setiap komponen dalam mesin harus dibuat lebih enteng. Hal ini bertujuan agar langkah kerja yang dihasilkan mesin lebih maksimal.

2. Protecting

Oli juga berfungsi untuk melindungi (protecting) mesin dari karat atau korosi. Oli yang menempel pada komponen mesin inilah yang akan mencegah reaksi oksidasi pada komponen mesin.

3. Cooling

Adanya oli mesin bertugas untuk mendinginkan suhu mesin agar tetap ideal. Hal ini karena suhu panas pada mesin biasa terjadi manakala komponen di dalam mesin sedang bekerja.

4. Mencegah kebocoran gas di ruang bakar

Pada dasarnya, oli punya kemampuan melumasi setiap komponen dalam mesin. Misalnya saja, saat melumasi antara dinding silinder dan piston, salah satu tugas oli mesin di sini adlah menjadi perapat antar keduanya. Hal ini untuk mencegah agar tak terjadi kebocoran gas di ruang atas maupun bawah piston.

5. Meningkatkan performa

Oli membuat mesin halus dan juga mengurangi gesekan. Bagian-bagian mesin yang bekerja dengan baik tentunya akan meningkatkan performa mesin secara menyeluruh. Oleh sebab itu, kamu harus memilih oli yang tepat untuk kendaraanmu.

6. Peredam suara dan getaran

Permukaan yang licin menjadikan gesekan yang ada sangat minim. Hal ini akan menghindarkan mesin dari kondisi cepat aus. Oli yang melapisi bagian mesin inilah yang meredam benturan dan menjadikan suara mesin kendaraanmu lebih halus.

7. Mengurangi gesekan

Selain pelumas, faktanya oli juga mampu membuat komponen mesin terlapisi dengan baik. Sehingga mengurangi gesekan. Gaya gesek yang sedikit akan mengurangi gesekan antar permukaan komponen mesin, sehingga tidak menyebabkan mesin rusak.

Apa itu Oli Semi Sintetik?

Dilansir dari laman MyPertamina pada Rabu, 28 September 2022, oli semi sintetik terbuat dari bahan-bahan campuran. Artinya, oli ini menggunakan bahan yang dikombinasikan dengan mineral minyak bumi secara menyeluruh. Kualitas performa oli semi sentetik berada satu tingkat di atas oli mineral.

Rekomendasi Oli Semi Sintetik?

beredar banyak sekali oli sintetik dipasaran, namun rekomendasi terbaik oli semi sintetik yang menurut kami paling recommended adalah TOP 1 Zenzation. Top 1 Zenzation merupakan salah satu produk oli mesin mobil semi sintetik dari TOP 1 yang mampu membuat kinerja mesin semakin optimal. Dengan teknologi Ester Fortified, kemampuan pelumas dalam melindungi komponen juga semakin tinggi. Selain itu juga oli TOP 1 merupakan oli tahan lama dibandingkan dengan brand lain.

Mengenal Oli Mesin, Suplemen Vital Bagi Kendaraan 2

Rekomendasi kami bukan tanpa alasan, berikut berbagai teknologi yang terdapat pada TOP 1 Zenzation :

Tak hanya itu, TOP 1 Zenzation juga mempunyai berbagai macam keunggulan yang menjadikan oli semi sintetik ini menjadai pilihan utama untuk kendaraan anda, diantaranya adalah :

Demikian pengetahuan dasar tentang pentingnya oli bagi kendaraan kita. penulis berharap dengan arikel ini kita bisa lebih nyaman berkendara dan kendaraan kita bisa lebih awet karena memilih jenis oli yang tepat . (Shinta Kusuma | Lingkarjateng.id)

Exit mobile version