Inilah 5 Tips Efektif Mencegah Rambut Rontok

ILUSTRASI: Rambut rontok. (Sumber Gambar: Freepik @beststudio/Lingkarjateng.id)

ILUSTRASI: Rambut rontok. (Sumber Gambar: Freepik @beststudio/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Anda pasti pernah ‘kan mengkhawatirkan saat mendapati rambut Anda rontok dalam jumlah yang sangat banyak? Memang, rambut rontok merupakan permasalahan yang paling sering dialami oleh perempuan, terutama saat keramas dan menyisir rambut dalam keadaan basah. Namun, Anda tak perlu khawatir, kini sudah banyak cara-cara alami dan pencegahan yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi rambut rontok.

Berikut Lingkarjateng.id rangkum untuk Anda, 5 tips mencegah rambut rontok agar tidak kian parah dari hari ke hari.

1. Tidak Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Dilansir dari hellosehat, mengikat rambut terlalu kencang dan terlalu lama, tarikannya bakal mencabut rambut keluar dari kulit kepala lantaran folikel rambut yang rusak. Akibatnya, rambut Anda mudah rontok. Selain itu, folikel rambut semakin rusak hingga berakhir pada pertumbuhan rambut yang semakin lambat. Kondisi ini biasanya diperparah dengan kebotakan di beberapa bagian kepala.

Agar tak semakin parah, sebaiknya Anda menggunakan ikat rambut yang tidak terlalu ketat agar ada ruang antara rambut dengan kulit kepala.

2. Perbanyak Makan Makanan Bergizi

Makanan bergizi dan menyehatkan. (Sumber Gambar: Freepik @freepik/Lingkarjateng.id)

Pastikan Anda memenuhi asupan tubuh dengan makan makanan yang kaya vitamin dan mineral. Dari asupan yang mengandung vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, protein, omega 3, zat besi hingga seng (Zn) mampu merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan.

Apa Saja Penyebab Rambut Rontok?

Inilah Penyebab Rambut Rontok yang Tak Anda Duga

3. Jangan Berhenti Membersihkan Rambut

Saat mendapati rambut Anda rontok dalam jumlah yang sangat banyak, sebaiknya Anda tak mengurangi frekuensi keramas. Pasalnya, saat rambut tidak dicuci, sebum-sebum, sel kulit mati dan tumpukan residu akan membuat rambut Anda menjadi kusam. Selain itu, ketika Anda jarang keramas, akan membuat lingkungan yang ideal bagi ketombe untuk muncul.Pastinya, Anda akan terlalu sering menggaruk-garuk kulit kepala karena gatal. Hal ini justru membuat semakin tak sehat untuk rambut dan kulit kepala.

keramas (Sumber Gambar: Freepik @freepik/Lingkarjateng.id)

Dengan keramas, rambut Anda akan semakin terjaga kebersihannya dan kulit kepala Anda terhindar dari sel kulit mati, minyak, sebum dan kotoran-kotoran yang menyebabkan ketombe.

4. Pilihlah Produk Perawatan yang Tepat

Hair tonic untuk perawatan rambut. (Sumber Gambar: Freepik @atlascompany/Lingkarjateng.id)

Untuk merawat dan menjaga kekuatan rambut, pastikan Anda menggunakan perawatan rambut seperti shampo yang dapat membersihkan secara menyeluruh. Pada saat keramas, pastikan Anda untuk memijat kulit kepala dengan lembut untuk membantu merangsang pertumbuhan rambut. Dengan memijat, arteri di kulit kepala akan melebar dan alirah darah ke folikel rambut akan meningkat. Dikutip dari hellosehat, setelah Anda memijat kulit kepala, aliran darah yang lancar inilah akan menyediakan lebih banyak oksigen dan nutrisi yang diperlukan folikel rambut.

Selain itu, gunakan kondisioner setelah Anda keramas untuk membantu memperkuat folikel rambut. Pilihlah hair tonic juga untuk membantu kelembapan rambut dan mencegah kerontokan yang terlalu parah.

Apa Saja Bahan Alami yang Dapat Mengobati Rambut Rontok?

Inilah 7 Bahan Alami yang Dapat Mengobati Rambut Rontok

5. Hindari Menggunakan Hair Dryer Terlalu Sering

Mengeringkan rambut menggunakan hair dryer (Sumber Gambar: Freepik @diana.grytsku/Lingkarjateng.id)

Suhu yang terlalu panas dari hair dryer dan catokan dapat menyebabkan rambut semakin tipis. Untuk mengatasi rambut semakin rusak dan rontok, Anda sebaiknya mengurangi intensitas penggunaan hair dryer dan catokan untuk sementara waktu.

Dengan tidak menata rambut dan membiarkannya kering secara alami setelah keramas, setidaknya dapat memberikan waktu istirahat untuk rambut Anda. Ketika sudah kering, sisirlah rambut Anda dengan lembut dan tak tergesa-gesa agar tidak mudah tercabut dari kulit kepala.

Demikianlah, 5 tips untuk mencegah rambut rontok yang telah dirangkum Lingkarjateng.id. Semoga informasi ini dapat membantu Anda. (Lingkar Network | Jazilatul Khofshoh – Lingkarjateng.id)

Sumber Referensi:

Adrian, Kevin. (2021). Alodokter: Inilah 5 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok. Diakses pada 7 Juni 2022, dari https://www.alodokter.com/ini-cara-alami-mengatasi-rambut-rontok

Azmi, Nabila. (2022). Hellosehat: Cara Mengatasi Rambut Rontok, dari Obata-Obatan Hingga Bahan Alami. Diakses pada 7 Juni 2022, dari https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-rambut/cara-mengatasi-rambut-rontok/

Setiaputri, K. A. (2018). Hellosehat: 5 Cara Mudah Mencegah Rambut Rontok Bagi Para Wanita. Diakses pada 7 Juni 2022, dari https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-rambut/cara-mencegah-rambut-rontok-pada-wanita/

Exit mobile version