Enak dan Sehat, Ini 7 Camilan untuk Penderita Diabetes

Enak-dan-Sehat,-Ini-7-Camilan-untuk-Penderita-Diabetes

ILUSTRASI: Protein bar, salah satu camilan untuk penderita diabetes. (azerbaijan_stockers from Freepik/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Penderita diabetes harus ekstra hati-hati dalam pola makan sehat setiap hari karena perlu menjaga kadar gula darah agar tetap normal. Hal ini dikarenakan peningkatan kadar gula darah di dalam tubuh dapat memicu komplikasi berbahaya.

Biasanya, camilan dikonsumsi untuk menunda lapar dan menambah energi. Meskipun penderita diabetes memiliki masalah dalam mengatur kadar gula darah, bukan berarti makan camilan adalah sebuah pantangan.

Berikut ini ada 7 camilan untuk penderita diabetes yang enak dan sehat, antara lain:

5 Perilaku Cerdik Cegah Penyakit Diabetes

Yoghurt

Camilan untuk penderita diabetes yang pertama adalah yoghurt. Yoghurt yang direkomendasikan untuk penderita diabetes adalah plain greek yogurt.

Yoghurt jenis ini mengandung banyak protein, sehingga dapat menjaga gula darah tetap stabil dan cocok dijadikan sebagai snack bagi penderita diabetes.

Bisa juga dengan menambahkan topping seperti buah stroberi, asal jangan terlalu banyak.

Telur rebus

Camilan untuk penderita diabetes yang kedua adalah telur rebus. Telur mengandung protein yang akan lama diubah menjadi gula darah. Jadi, kadar gula darah tidak akan naik dengan cepat

Menurut riset dari British Journal of Nutrition, sebanyak 65 pasien diabetes yang mengonsumsi dua telur rebus dalam sehari selama 12 minggu, mengalami penurunan kadar gula darah. Selain itu, hemoglobin A1C juga menjadi rendah.

Alpukat

Camilan untuk penderita diabetes yang ketiga adalah alpukat. Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung dan kontrol gula darah. Selain itu, buah alpukat juga mengandung serat yang cukup tinggi.

Alpukat ini bisa dikonsumsi secara langsung atau dihaluskan dan digunakan sebagai dressing salad. Bis juga menggabungkannya dengan roti gandum. 

Kacang Almond

Camilan untuk penderita diabetes yang keempat adalah kacang almond. Kacang almond mampu mengurangi resistensi insulin, mengontrol kadar gula darah, dan menyehatkan jantung.

Namun kacang almond memiliki kalori yang tinggi, oleh karena itu kamu harus membatasinya dengan cukup mengonsumsi segenggam kacang almond per hari.

Roti gandum dan selai kacang

Camilan untuk penderita diabetes yang kelima adalah roti gandum dan selai kacang. Saat dipasangkan, keduanya akan membantu memperlambat pencernaan karbohidrat dan mencegah ngemil berlebih.

Selai kacang juga diketahui mengandung magnesium yang membantu mengatur kadar gula darah. Sedangkan roti gandum biasanya memiliki 2 gram serat per potong.

Keju rendah lemak

Camilan untuk penderita diabetes yang keenam adalah keju rendah lemak. Keju dengan rendah lemah seperti keju cottage, keju ricotta, atau mozzarella merupakan camilan terbaik untuk membantu menjaga gula darah tetap terkendali.

Penderita diabetes bisa menikmati seperempat cangkir keju cottage dengan setengah cangkir buah atau dengan mengoleskan keju ricotta di atas biskuit gandum.

Protein bar

Camilan untuk penderita diabetes yang ketujuh adalah protein bar. Penderita diabetes bisa mencoba protein bar sebagai camilan sehat.

Protein bar mengandung jumlah protein yang signifikan. Namun, pastikan protein bar yang kamu konsumsi tidak mengandung gula tambahan.

Itulah beberapa camilan untuk penderita diabetes yang enak dan sehat. (Lingkar Network | Shinta – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version