Tingkatkan Populasi, Wabup Kendal Tebar Bibit Ikan di Sungai Reyeng

MENEBAR BENIH: Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki bersama OPD terkait menebar benih ikan di Sungai Reyeng depan Rumah Dinas Wakil Bupati Kendal, Senin (04/07). (Unggul Priambodo/Lingkarjateng.id)

MENEBAR BENIH: Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki bersama OPD terkait menebar benih ikan di Sungai Reyeng depan Rumah Dinas Wakil Bupati Kendal, Senin (04/07). (Unggul Priambodo/Lingkarjateng.id)

KENDAL, Lingkarjateng.id Wakil Bupati (Wabup) Kendal, Windu Suko Basuki bersama Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Kendal menebar bibit ikan di Sungai Reyeng depan Rumah Dinas Wakil Bupati Kendal, Senin (04/07) Kelurahan Pegulon, Kecamatan Kendal, Kabupaten Kendal.

Pada acara tersebut sebanyak 200 ekor bibit ikan ditebar oleh Wakil Bupati Kendal bersama dengan para Kepala OPD terkait. Hal itu sebagai simbolis telah dilaksanakan restocking tahap keempat tahun 2022 oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kendal.

Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki menyampaikan, dengan adanya restocking di perairan umum diharapkan bibit ikan tersebut bisa bertumbuh dengan baik dan dapat meningkatkan stok populasi ikan di perairan umum. Sehingga, dapat dimanfaatkan oleh warga Kendal.

“Harapannya apa yang menjadi program pemerintah ini, termasuk penebaran bibit ikan di perairan umum, intinya agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Kabupaten Kendal,” tutur Wabup Basuki.

Wabup Kendal juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga populasi bibit ikan yang telah ditebar dan melakukan pelestarian sungai. Hal ini agar ekosistem sungai tetap terjaga, sehingga hasilnya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Sementara, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kendal, Hudi Sambodo menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal pada tahun 2022 ini telah melaksanakan sejumlah kegiatan restocking.

“Tahun ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal telah melaksanakan restocking, dan pada bulan Juli ini masuk pada tahap keempat, yang mana tadi secara simbolis telah dilakukan penebaran sebanyak 200 bibit ikan di S Reyeng oleh Bapak Wakil Bupati Kendal bersama dengan Kepala OPD terkait,” ujar Hudi.

Hudi menjelaskan, untuk tahun ini tahap pertama telah dilaksanakan pada 7 Juni 2022 di Desa Mojo Agung dan Tirtomulyo Kecamatan Plantungan dan tahap dua telah dilaksanakan di Desa Kalipakis dan Kebumen Kecamatan Sukorejo. Kemudian tahap tiga dilaksanakan di Desa Gedong, Kalices dan Sidodadi Kecamatan Patean.

“Untuk tahap empat akan dilaksanakan di Desa Bebengan Kecamatan Boja dan Desa Sriwulan Kecamatan Limbangan pada tanggal 6 Juli 2022 kegiatan restocking tahun ini ada 3 jenis ikan, yaitu karper, nilem dan tawes dengan dengan total sebanyak akan dilaksanakan di 12 desa/kelurahan di Kabupaten Kendal, dan untuk tahap lima akan dilaksanakan di Desa Tunggulsari Kecamatan Brangsong, Desa Cepokomulyo Kecamatan Gemuh dan Kelurahan Kalibuntu wetan Kecamatan Kendal pada 17 Juli 2022 mendatang,” ujarnya.

Kepala DKP Kendal juga mengungkapkan, total ada sebanyak 102.460 bibit ikan yang ditebar. Terdiri dari 30.000 bibit ikan karper, 34.000 bibit ikan nilem dan 37.460 bibit ikan tawes. (Lingkar Network | Unggul Priambodo – Koran Lingkar)

Exit mobile version