Pj Bupati Pati Sebut Perbaikan Jalan Juwana-Batangan Rampung 12 April 2023

Pj Bupati Pati, Henggar Budi Anggoro. (Khairul Mishbah/Lingkarjateng.id)

Pj Bupati Pati, Henggar Budi Anggoro. (Khairul Mishbah/Lingkarjateng.id)

PATI, Lingkarjateng.idKondisi kemacetan di ruas Jalan Juwana-Batangan, Kabupaten Pati, Jawa Tengah memasuki babak baru. Semenjak uji coba pembukaan jembatan Juwana, kondisi kemacetan masih membuat pengguna jalan mengeluhkan tanpa henti. Hal ini tak terlepas dari pekerjaan perbaikan Jalan Batangan yang membuat arus lalu lintas tersendat.

Menanggapi hal itu, Penjabat (Pj) Bupati Pati Henggar Budi Anggoro menyebut bahwa sementara ini sudah dilakukan upaya pembukaan jembatan Juwana untuk membantu mengurai kemacetan. Disebutkan juga setelah kemarin sempat dibuka, pihak kontraktor juga akan melakukan evaluasi.

“Untuk kemarin jembatan Juwana ini hanya akan dibuka sebagai uji coba. Sambil nanti diakukan evaluasi yang butuh waktu 6 jam. Itu sebagai proses evaluasi,” ujarnya saat ditemui di Pendopo Kabupaten Pati pada Senin, 10 April 2023.

Jalan Pantura Jadi Prioritas Utama, Target BBPJN Jateng-DIY: Harus Tak Ada Lubang 

Lebih lanjut Pj Bupati Henggar menyebut bahwa setelah evaluasi, nantinya jembatan Juwana akan dibuka secara resmi. Harapannya semua proses bisa berjalan dengan lancar, sehingga nantinya bisa fokus pada hal lain.

“Setelah evaluasi baru dilepas secara fix. Sehingga bisa digunakan seperti jembatan yang satunya,” imbuhnya.

Pj Bupati Pati Henggar mengakui macet yang sementara ini sering terjadi karena Jalan Pantura Pati-Rembang belum bisa beroperasi dengan baik.

“Macet itu karena di Jalan Juwana-Batangan masih ada perbaikan 5,5 kilo, yang diperbaiki baru 1,5. Nanti akan selesai pada tanggal 12 (April),” tegasnya.

Pihaknya berharap pekerjaan dapat diselesaikan sesuai target yakni H-10 sebelum lebaran, sehingga nantinya jalur tersebut dapat dilewati dengan lancar. Sedangkan untuk kekurangannya, ke depan bisa dilanjutkan usai arus mudik lebaran. 

BBPJN Kebut Perbaikan Jalan Juwana-Batangan Pati Selesai H-10 Lebaran

Sebelumnya, Kepala BBPJN Jateng-DIY Wida Nurfaida mengatakan ada beberapa pekerjaan yang dikebut hingga H-10, seperti jalur Pantura Batangan-Rembang yang sudah melaksanakan pengerjaan sejauh 1,2 kilometer dari total pekerjaan 5 km.

“Insya Allah H-10 selesai. Sisanya, 3,8 km diselesaikan di akhir 2023 sebelum jalur kendaraan saat libur Natal dan Tahun Baru,” katanya.

Jalur sepanjang 1,2 km di Pantura Batangan-Rembang itu, kata dia, nantinya bisa dilalui pemudik dengan pengerjaan menggunakan beton fast track yang cepat mengering.

Demikian juga, untuk pekerjaan infrastruktur lain di jalur Pantura yang memang menjadi pekerjaan rumah (PR) tahun ini yang sesuai jadwal diselesaikan sampai awal 2024.

“Cuma, saya menargetkan bisa diselesaikan di akhir 2023 untuk yang jalur Pantura,” katanya. (Lingkar Network | Khairul Mishbah – Koran Lingkar)

Exit mobile version