Pemkab Kendal Dorong Penyandang Disabilitas Unjuk Karya

PENUH SEMANGAT: Wabup Kendal, Windu Suko Basuki saat menyalakan obor dalam Kirab Pesonas, Senin (13/06). (Unggul Priambodo/Lingkarjateng.id)

PENUH SEMANGAT: Wabup Kendal, Windu Suko Basuki saat menyalakan obor dalam Kirab Pesonas, Senin (13/06). (Unggul Priambodo/Lingkarjateng.id)

KENDAL, Lingkarjateng.id Siswa bertalenta khusus diberikan perhatian lebih dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal. Perhatian diberikan dengan mendirikan beberapa sekolah inklusi dan kesempatan untuk berprestasi.

Dalam Kirab Obor Pekan Special Olympic Nasional (Pesonas), Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki, Senin (13/06)  mengatakan, siswa bertalenta khusus harus mendapatkan tempat khusus pula. Dengan adanya kesempatan tersebut, diharapkan mereka bisa menunjukkan bakatnya.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para siswa bertalenta khusus ini bisa merasakan menunjukan bakat dalam keterbatasannya, Pemkab Kendal senantiasa mendukung,” ujar Windu Suko Basuki. 

Ia menuturkan, kegiatan Pesonas bisa menjadi tolak ukur bagi mereka yang ingin berkarya. Dirinya juga berharap kepada para pembina agar jangan merasa lelah. Karena membimbing mereka tentu butuh kesabaran lebih untuk memberikan yang terbaik, agar para insan bertalenta khusus ini mempunyai kesempatan yang sama.

Pemkab Kendal Petakan Potensi Kerawanan Jelang Pilkades Serentak

“Saya selalu motivasi kepada para pembina agar selalu semangat dan tidak kenal lelah dan diharapkan para pembina bisa bermanfaat,” lanjutnya.

Kirab Obor Pesonas 2022 akan melintasi 42 kota dan 5 kabupaten, yaitu Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, DIY, Jawa Barat dan DKI. Kini kirab obor tersebut sudah sampai di Kabupaten Kendal. 

Kegiatan itu digelar sebagai event multi cabang olahraga dan festival seni-budaya  setiap 4 (empat) tahun sekali, bagi para Atlet bertalenta khusus. Kegiatan ini akan mulai digelar pada tanggal 5-13 Juli 2022.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kendal, Akhmad Ircham Chalid juga berupaya keras akan menggelar kegiatan untuk para siswa bertalenta khusus ini. Karena ini baru saja dibentuk dan diprogramkan, dirinya akan senantiasa menciptakan terobosan dalam mengakomodir siswa bertalenta khusus.

“Kami akan menciptakan talenta dari siswa bertalenta khusus, agar bisa bersanding dengan mereka yang normal,” ujar Ircham.

Tingkatkan Mutu Pendidikan, Pemkab Kendal Launching Among Siswa

Sementara itu, Ketua Special Olympics Indonesia (Soina) Jawa Tengah, Kristi menyampaikan, meski kegiatan Pekan Special Olympic Nasional (Pesonas) hanya digelar setiap 4 tahun sekali, namun yang terpenting adalah anak-anak ini nantinya bisa lebih banyak tampil di daerahnya masing-masing. Hal ini bertujuan agar dapat menambah mental dan kemampuannya.

“Kegiatan ini sebagai sosialisasi dan edukasi Pesonas, dan sosialisasi untuk anak-anak bertalenta khusus kepada keluarga, pemerintah dan masyarakat luas, karena mereka juga sama dengan kita ingin mendapatkan penghargaan,” ujar  Kristi.  

Kristi berharap, nantinya untuk Pemkab Kendal bisa memberikan wadah bagi anak-anak yang memiliki talenta khusus di Kabupaten Kendal, dengan harapan mampu memacu semangat bagi anak-anak tersebut untuk terus meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) masing-masing. (Lingkar Network | Unggul Priambodo – Koran Lingkar)

Exit mobile version