Pemdes Dorong Pengembangan Tambak Rakyat Desa Asempapan Pati

POTRET: Area tambak Norowito atau tambak rakyat milik Desa Asempapan, Kecamatan Trangkil, Kabupaten Pati. (Arif Febriyanto/Lingkarjateng.id)

POTRET: Area tambak Norowito atau tambak rakyat milik Desa Asempapan, Kecamatan Trangkil, Kabupaten Pati. (Arif Febriyanto/Lingkarjateng.id)

PATI, Lingkarjateng.id – Berada di wilayah pesisir, Desa Asempapan, Kecamatan Trangkil, Kabupaten Pati diuntungkan dengan sektor perikanan dan garam. Tambak Norowito atau tambak rakyat menjadi potensi desa yang menjanjikan bagi warga setempat.

Kepala Desa Asempapan melalui Sekertaris Desa (Carik), Muslihan menuturkan jika keberadaan tambak ini merupakan potensi yang cukup besar di desanya. Hal tersebut dikarenakan lahan yang sangat produktif menghasilkan banyak keuntungan bagi warga yang mengelolanya.

“Tambak Norowito atau tambakr ini dalam delapan bulan untuk garam dan empat bulannya untuk ikan, bandeng dan nila. Jadi potensi desa yang sangat besar disini,” ucapnya.

Dalam sekali panen saja, Muslihan pernah memanen delapan ton garam. Akan tetapi pada tahun ini hanya sedikit hasil garam dikarenakan cuaca yang kurang mendukung.

“Harusnya ini sudah mulai musim garam. Tetapi karena Juni kemarin cuaca berubah-ubah banyak hujannya. Jadi, ya, belum bisa mulai lagi industri garamnya,” tambahnya.

Meski merupakan potensi desa yang sangat besar, Muslihan mengaku masih banyak kekurangan yang harus dievaluasi oleh Pemerintah Desa (Pemdes). Pasalnya luas areal tambak membentang sejauh satu kilo meter dari pemukiman hingga ke laut.

“Itu PR buat kita (Pemdes) potensi di sini itu luar biasa banyak, ada budidaya ikan juga. Tapi, ya, masih berkubang di pengalaman lama belum ada solusi perkembangannya. Itu kendala kita. Ada sepanjang satu kilo tambak dari pemikiman sampai laut,” tutupnya.

Selain tambak Norowito, potensi lain yang dimiliki oleh Desa Asempapan adalah lahan sawah dan home industry yang menopang perekonomian masyarakat. (Lingkar Network | Arif Febriyanto – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version