Lomba Kenal Wayang Kendal, Perkanalkan Budaya Asli Indonesia ke Anak

Kendal, Lingkarjateng.id – Untuk melestarikan budaya wayang dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Kendal menggelar lomba kenal wayang yang diselenggarakan di pendopo tumenggung bahurekso Kendal. Lomba ini diikuti 20 regu terdiri dari 60 siswa sekolah dasar se kabupaten Kendal.

menurut kepala bidang kebudayaan dinas pendidikan kabupaten Kendal Sulardi lomba tersebut sengaja digelar untuk memperkenalkan wayang pada anak, sebab saat ini banyak anak yang sudah tidak mengenal nama-nama wayang padahal wayang adalah budaya asli Jawa bahkan semua perbuatan manusia digambarkan dalam pewayangan.

Peserta lomba terdiri dari siswa sekolah dasar yang sudah lolos seleksi di tingkat kecamatan, dalam satu kecamatan mengirim satu regu yang terdiri dari 3 anak dan nantinya akan diambil juara 1 2 dan 3.

Anak zaman sekarang lebih mengenal Superman atau Batman bahkan tokoh games di handphone daripada nama pewayangan seperti Janoko, Gareng, Petruk, atau Gatotkaca. Lunturnya budaya asli Jawa ini dikarenakan perkembangan teknologi dan pengaruh kebudayaan asing melalui kece dengan lomba tentang wayang anak-anak mulai mencintai budaya Jawa asli Indonesia.

Salah satu siswi dari SDN Kedungsari kecamatan singorojo yang merupakan juara 1 mengatakan bahwa persiapan belajar dilakukan selama 1 bulan selain itu ia juga senang dengan cerita dan tokoh pewayangan.

Menurut kepala disdikbud Kendal Wahyu Yusuf Ahmadi lomba kenal wayang ini rutin dilaksanakan setiap tahun, hal ini bertujuan untuk melestarikan budaya sehingga siswa bisa meneladani tokoh karakter wayang dan alur cerita pada kisah pewayangan. Selain lomba kenal wayang juga ada pagelaran wayang oleh siswa dan pelaku seni di kabupaten Kendal. Wahyu berharap dengan lomba ini bisa menggugah para remaja bahkan anak-anak untuk melestarikan wayang ( Lingkar Network – Lingkar TV )

Exit mobile version