Larung Sesaji Sedekah Laut Desa Gegunung Wetan Rembang Diarak 100 Perahu

Larung Sesaji Sedekah Laut Desa Gegunung Wetan Rembang Diarak 100 Perahu

MELEPAS: Miniatur kapal berisi sesaji kepala kambing saat akan dibawa ke Pulau Masaran untuk dilarung dalam tradisi sedekah laut Desa Gegunung Wetan, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang pada Kamis, 18 Agustus 2022. (R Teguh Wibowo/Lingkarjateng.id)

REMBANG, Lingkarjateng.id – Warga Desa Gegunung Wetan, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang melangsungkan tradisi sedekah laut pada Kamis, 18 Agustus 2022. Kegiatan berlangsung meriah dengan arak-arakan sesaji dan hasil bumi yang kemudian dilarung ke laut.

Dalam prosesi sedekah laut tersebut, warga melarung sesaji yang diletakkan di atas miniatur kapal. Sesaji berupa kepala kambing kemudian diarak keliling kampung. Selanjutnya miniatur dibawa ke perairan Rembang tempat nelayan mencari ikan menggunakan perahu.

Ketua Panitia Larung Sesaji, Kartono mengatakan tradisi larung sesaji merupakan wujud syukur kepada Tuhan atas rezeki yang dilimpahkan kepada warga desa setempat. Selain itu, tradisi ini merupakan warisan leluhur yang sudah seharusnya dilestarikan.

“Tradisi larung sesaji ini rutin dilaksanakan oleh para nelayan warga sini setiap tahunnya. Namun tahun ini beda dengan tahun sebelumnya saat pandemi Covid-19. Saat ini ramai bahkan diikuti 100 perahu nelayan,” jelasnya.

Selain sesaji berupa kepala kambing, berbagai hasil bumi juga diarak keliling desa yang selanjutnya ikut dilarung atau dihanyutkan ke laut.

“Jadi satu perahu yang membawa sesaji, kemudian ada proses iring-iringan 100 perahu nelayan lainnya. Prosesi larung berada di Pulau Masaran yang berjarak satu mil dari bibir pantai,” bebernya.

Setelah pelarungan sesaji selesai, imbuhnya, acara sedekah laut dilanjutkan dengan pertunjukan seni wayang kulit di desa setempat. Warga tampak antusias mengikuti setiap sesi rangkaian kegiatan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

“Lebih meriah tahun-tahun sebelum saat pandemi Covid-19,” pungkasnya. (Lingkar Network | R Teguh Wibowo – Koran Lingkar)

Exit mobile version