Diskominfo Pati Dampingi Reorganisasi Pengurus FK Metra

RAPAT: Kepala Diskominfo Pati, Ratri Wijayanto, didampingi Kabid Informasi dan Komunikasi Publik, Ida Istiani, saat memimpin pertemuan reorganisasi FK Metra di aula kantor Diskominfo Kabupaten Pati pada Selasa, 21 Maret 2023. (Arif Febriyanto/Lingkarjateng.id)

RAPAT: Kepala Diskominfo Pati, Ratri Wijayanto, didampingi Kabid Informasi dan Komunikasi Publik, Ida Istiani, saat memimpin pertemuan reorganisasi FK Metra di aula kantor Diskominfo Kabupaten Pati pada Selasa, 21 Maret 2023. (Arif Febriyanto/Lingkarjateng.id)

PATI, Lingkarjateng.id – Kepengurusan Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) periode 2018-2023 berakhir pada bulan April 2023. Oleh karena itu, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pati turut mendampingi reorganisasi pengurus.

Seperti diketahui, FK Metra dibawah naungan Diskominfo Pati ini merupakan kolaborasi antara pemerintah dengan seniman tradisional untuk mendukung penyampaian informasi kepemerintahan kepada masyarakat melalui media seni tradisional.

FK Metra telah terbentuk melalui Surat Keputusan Bupati Pati pada 2018 silam dengan kepengurusan periode 2018-2023 di bawah komando Warsito sebagai Ketua FK Metra dan Sunaryo sebagai wakilnya yang sekaligus merupakan seniman.

Sosialisasi Gempur Rokok Ilegal, Diskominfo Pati Gandeng Seniman Tradisional

Kepala Diskominfo Pati, Ratri Wijayanto, mengatakan nantinya dengan terbentuknya kepengurusan FK Metra periode yang baru ini para seniman tradisional bisa turut andil dalam rangka mengenalkan kesenian tradisional, sekaligus menyampaikan informasi terkait program-program pemerintah.

“FK Metra ini adalah wadah berkesenian dalam balutan tradisional. Kami harapkan mampu menyampaikan pesan-pesan di sektor pembangunan. Khususnya program-program Pemerintah Kabupaten Pati, serta isu strategis kepada masyarakat melalui seni pertunjukan tradisional agar lebih efektif dan berkesinambungan,” ungkapnya.

Selain itu, Ratri menambahkan bahwa FK Metra ini dapat dijadikan sebagai corong penyebarluasan informasi secara langsung ke berbagai lapisan masyarakat.

Diskominfo Pati Dorong OPD Manfaatkan FK Metra Sampaikan Program Kerja

Sehingga, masyarakat dari kalangan manapun tanpa terkecuali bisa turut andil dalam menekan peredaran informasi hoaks yaitu dengan cara memberikan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan.

“Kami juga meminta agar informasi yang disampaikan pelaku seni dalam pertunjukan tradisional nantinya merupakan informasi yang akurat. Bahasa yang digunakan juga adalah bahasa yang mudah diterima dan dipahami oleh penonton,” harapnya.

Salah satu penyebarluasan informasi melalui FK Metra yang sudah diterapkan oleh Diskominfo Pati adalah sosialisasi gempur rokok ilegal. Penggunaan FK Metra ini, menurut Ratri sangat efektif dan mudah dipahami oleh masyarakat desa.

“Kita desa dan ke kecamatan yang rawan terdampak peredaran rokok ilegal tinggi, artinya mereka sangat perlu sosialisasi. Berikutnya ada sosialisasi secara umum, kita melibatkan FK Metra atau Forum Komunikasi Media Tradisional,” pungkasnya. (Lingkar Network | Arif Febriyanto – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version