Diskominfo Pati Ajak OPD Bersinergi Sosialisasikan Rokok dan Cukai Ilegal

ILUSTRASI: Tampak rokok ilegal yang telah diamankan dan siap dimusnahkan oleh Kantor Bea Cukai beberapa waktu lalu. (Nisa Hafizhotus. S/Lingkarjateng.id)

ILUSTRASI: Tampak rokok ilegal yang telah diamankan dan siap dimusnahkan oleh Kantor Bea Cukai beberapa waktu lalu. (Nisa Hafizhotus. S/Lingkarjateng.id)

PATI, Lingkarjateng.id Pemerintah Daerah Kabupaten Pati baru saja mendapatkan penghargaan dari Kantor Bea Cukai Kudus untuk kategori Instansi Pengumpul Informasi Peredaran Barang Kena Cukai (BKC) Ilegal terbaik tahun 2022.

Atas prestasi tersebut, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pati selaku instansi terkait yang turut menyosialisasikan program gempur rokok ilegal sangat bangga atas capaian hasil kinerja bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Kepala Diskominfo Pati, Ratri Wijayanto, mengatakan meskipun Kabupaten Pati mendapatkan penghargaan tersebut. Namun, tidak serta merta mempengaruhi besaran anggaran Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Kabupaten Pati tahun 2023.

Diskominfo Pati Tingkatkan Edukasi dan Sosialisasi Gempur Rokok Ilegal

“Jadi, ini tidak mempengaruhi anggaran. Kendati kita dapat anggaran untuk memberantas rokok ilegal, ini ‘kan dibagi ke tiap OPD terkait. Jadi, kami Diskominfo mengucapkan terima kasih atas kerja sama seluruh OPD dan koordinasinya selama ini dalam pemanfaatan dan evaluasi DBHCHT,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ratri menyatakan bahwa perolehan penghargaan tersebut tidak lepas dari peranan masing-masing OPD terkait seperti Satpol PP, Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan), Dinas Sosial P3AKB, serta Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker).

“Misalnya Satpol, mereka ‘kan penindakan. Kalau kami Diskominfo sosialisasinya, Dispertan untuk memberikan bantuan pupuk petani, Dinsos memberikan bansos kepada petani tembakau. Kemudian Disnaker, mereka juga dapat untuk memberikan pelatihan terhadap tenaga batil rokok,” jelasnya. (Lingkar Network | Arif Febriyanto – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version