Bupati Kudus Dorong Desa Lebih Inovatif Kembangkan Potensi Alam

Bupati Kudus Dorong Desa Lebih Inovatif Kembangkan Potensi Alam 1

MENDUKUNG: Bupati Kudus HM Hartopo saat hadir dalam perayaan Tradisi Apitan di Desa Megawon, Kecamatan Jati. (Nisa Hafizhotus Syarifa/Lingkarjateng.id)

KUDUS, Lingkarjateng.id Berbagai sumber daya alam tersedia di Kabupaten Kudus. Setiap desa dari 9 kecamatan di Kabupaten Kudus pun memiliki potensi alam masing-masing.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus meminta masyarakat bisa memanfaatkan potensi alam yang ada. Pemanfaatan potensi alam tersebut diharapkan bisa turut membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Bupati Kudus HM Hartopo menyampaikan, setiap desa memiliki keunikan potensi alam tersendiri. Diantaranya seperti di bidang pertanian, perkebunan, maupun wisata alam.

“Berbagai potensi harus digali biar ketemu ciri khas desanya masing-masing. Setelah itu bisa dikembangkan,” kata Bupati Kudus.

Dirinya pun meminta pada Pemerintah Desa (Pemdes) setempat untuk bisa memaksimalkan potensi sumber daya yang dimiliki masing-masing wilayah. Potensi sumber daya alam di setiap desa bisa terus diinovasikan demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

“Terus berinovasi untuk kesejahteraan bersama. Manfaatkan kekayaan sumber daya yang ada,” ujar Bupati Kudus.

Salah satu desa yang kaya akan potensi alam yakni terletak di Desa Menawan, Kecamatan Gebog. Tidak hanya kaya dengan hasil bumi saja, Desa Menawan juga terkenal akan potensi wisata alamnya.

Desa Menawan saat ini mulai terkenal dengan potensi agrowisata. Padahal, dulunya desa tersebut sering disebut sebagai daerah rawan bencana.

Berkat dukungan berbagai pihak, kini Desa Menawan menjadi salah satu desa yang sudah bisa memanfaatkan potensi alam yang ada. Keunggulan sumber daya alam yang ada di desa tersebut diantaranya seperti wisata alam, jambu citra hingga durian khas Menawan.

Kepala Desa Menawan, Tri Lestari mengaku akan terus berkomitmen menghijaukan Desa Menawan dengan memanfaatkan sumber daya yang ada. Pihaknya ingin sumber daya alam yang ada bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat.

“Kami berkomitmen akan terus menjadikan Desa Menawan sebagai bumi hijau yang lestari, berkah, migunani dengan memanfaatkan potensi alam yang dimiliki. Dengan demikian, manfaat yang dihasilkan akan dirasakan untuk kesejahteraan bersama,” ujarnya. (Lingkar Network | Nisa Hafizhotus Syarifa – Koran Lingkar)

Exit mobile version