PATI, Lingkarjateng.id – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pati hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) Pati untuk melayani masyarakat agar bisa memberikan kemudahan, kecepatan, keterjangkauan, keamanan, dan kenyamanan.
Hadirnya pelayanan Disdukcapil pada tanggal 1 November 2023, secara bertahap akan beroperasi penuh di MPP Pati. Tak hanya itu, layanan di MPP Pati juga didukung dengan sistem pendaftaran online, sehingga masyarakat tidak perlu lagi mengantre di customer service.
Koordinator MPP Pati, Riyoso mengatakan bahwa, gerai yang dibuka setiap Senin-Jumat tersebut merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pelayanan.
“Mal Pelayanan Publik Kabupaten Pati telah melangkah lebih jauh dalam upaya meningkatkan pelayanan publik dengan penambahan gerai Disdukcapil,” kata Riyoso yang juga sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Pati, pada Selasa, 14 November 2023.
Dengan dibukanya gerai Disdukcapil di MPP Pati, lanjut dia, jumlah masyarakat yang mengurus dokumen kependudukan diharapkan semakin bertambah. Selain itu, tingkat kepuasan masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan juga diharapkan semakin meningkat.
“Langkah ini diambil untuk memastikan bahwa masyarakat Pati dapat dengan mudah mengakses layanan publik yang diperlukan. Dengan adanya gerai Disdukcapil yang tersedia di MPP Pati, diharapkan akan terjadi peningkatan signifikan dalam efisiensi dan aksesibilitas pelayanan publik,” imbuhnya.
Ia menjelaskan, kebijakan tersebut merupakan bagian dari dukungan untuk mengembangkan pelayanan publik yang diberikan kepada masyarakat.
“Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa layanan Disdukcapil di MPP Pati memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan mereka,” ujarnya.
Dengan demikian, kehadiran gerai Disdukcapil di MPP Pati dapat menjadi langkah progresif yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati dalam mempermudah masyarakat di Bumi Mina Tani untuk mengurus data kependudukan.
“Bahwa dengan ini, proses pengurusan dokumen kependudukan seperti KTP, KK, dan akta kelahiran akan menjadi lebih efisien dan nyaman bagi warga Pati,” lanjutnya.
Pihaknya berharap, masyarakat benar-benar memanfaatkan layanan yang telah disediakan di MPP. Jika masih temukan kendala dalam mengurus data kependudukan, pihaknya siap menerima laporan dan menjadikannya sebagai pedoman untuk menciptakan pelayanan yang lebih baik lagi ke depannya.
“Pihak Disdukcapil dan MPP Pati mengundang masyarakat untuk memanfaatkan pelayanan yang tersedia dan memberikan masukan, guna terus meningkatkan pelayanan publik ke depannya,” pungkasnya. (Lingkar Network | Setyo Nugroho – Koran Lingkar)