BPBD Pati Lakukan Evaluasi Penanganan Bencana

BUDI PRASETYO KEPALA BPBD PATI

MARTINUS BUDI PRASETYO, KEPALA BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH (BPBD) KABUPATEN PATI. (Aziz Afifi/Lingkarjateng.id)

PATI, Lingkarjateng.id – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati, Martinus Budi Prasetyo mengungkapkan, pihaknya akan segera melakukan sejumlah evaluasi maupun perhitungan pada akhir bulan ini. Hal ini agar pihaknya dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik dalam mengatasi bencana yang ada di Kabupaten Pati. Mengingat pada tahun ini wilayah Bumi Mina Tani sering dilanda banjir ketika memasuki musim hujan.

Secara teknis, pihaknya akan mengumpulkan para Kepala Organisasi Perangkat daerah (OPD) teknis. Nantinya, para Kepala OPD ini akan membantu membuat kalkulasi dan evaluasi dalam penganggaran bencana di Kabupaten Pati, khususnya untuk mengatasi bencana banjir.

15 Hari Banjir Belum Surut, Para Petani Pati Terancam Merugi

 “Entah itu berupa alat, entah itu berupa logistik yang bisa kita bantu atau koordinir. Nanti penanganan banjir puncaknya di Februari kita bisa lebih terarah dan seragam serentak,” ujarnya, Senin (13/12).

Sejauh ini, ia belum bisa memastikan anggaran yang didapat pihaknya ke depan untuk menangani bencana yang ada di Kabupaten Pati. Hal ini karena APBD 2022 belum disahkan. 

Lebih lanjut ia menjelaskan, dalam penanganan banjir tahun ini, pihaknya belum banyak mengeluarkan alat maupun logistik. Pihaknya hanya baru membantu mengalokasikan karung untuk membuat tanggul. (Lingkar Network | Koran Lingkar Jateng)