PATI, Lingkarjateng.id – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Pati menggelar Forum Komunikasi Publik (FKP) di aula kantor setempat pada Rabu, 4 September 2024. Kegiatan tersebut diselenggarakan dengan tujuan meningkatkan kualitas layanan serta penyempurnaan standar pelayanan pada KPP Pratama Pati.
Sejumlah tiga puluh dua (32) peserta yang berasal dari lima lini stakeholder KPP Pratama Pati hadir dalam forum tersebut. Kelima lini tersebut adalah akademisi, organisasi masyarakat sipil, instansi pemerintah, media massa, dan masyarakat pengguna layanan.
Kegiatan tersebut diawali dengan sambutan dari Kepala KPP Pratama Pati Paulus Soetjipto Adi Dosoputro. Dalam kesempatan itu, dia menyampaikan ucapan terima kasih atas kontribusi para wajib pajak dalam pembayaran pajak, sehingga bisa digunakan untuk pembangunan.
Selain itu, dia juga mengungkapkan bahwa Direktorat Jenderal Pajak (DJP) tengah membangun sistem administrasi perpajakan untuk mengintegrasikan berbagai aplikasi yang selama ini terpisah ke dalam satu portal yang mudah diakses.
“Saat ini sedang dikembangkan sistem inti administrasi perpajakan oleh Direktorat Jenderal Pajak, disebut CoreTax,” ucapnya.
Dia juga menyampaikan bahwa tujuan FKP yaitu untuk kegiatan dialog dan diskusi terkait dengan pelayanan publik yang berfokus pada standar pelayanan yang biasa digunakan, yaitu SPT Tahunan dan pemadanan NIK-NPWP.
Acara selanjutnya adalah sesi penyampaian saran atau masukan yang dipandu oleh Kepala Seksi Pelayanan KPP Pratama Pati Herny Setiyowati selaku moderator.
Adapun sebagai pihak narasumber adalah Kepala KPP Pratama Pati Paulus Soetjipto Adi Dosoputro dan Kepala Seksi Pengawasan V KPP Pratama Pati Kartika Cahya Kencana.
Saran dan masukan yang disampaikan di antaranya mengenai jaringan dan aplikasi, pelaksanaan edukasi yang lebih diperbanyak, kelengkapan SPT Tahunan, dan permohonan EFIN.
Selama kegiatan berlangsung, peserta diajak untuk berdiskusi dan memberikan saran dan masukannya terkait standar pelayanan KPP Pratama Pati, khususnya SPT Tahunan dan pemadanan NIK-NPWP.
Pada akhir acara, dilaksanakan penandatanganan Berita Acara Forum Konsultasi Publik Standar Pelayanan Tahun 2024.
Melalui kegiatan tersebut, diharapkan dapat menampung aspirasi berupa saran masukan untuk perbaikan standar layanan KPP Pratama Pati.
Hal itu selaras dengan nilai kelima dari “Nilai-Nilai Kementerian Keuangan”, yaitu kesempurnaan.
Selain itu, dengan meningkatnya kualitas standar pelayanan diharapkan dapat meningkatkan kontribusi para stakeholder atau pengguna layanan dengan taat membayar pajak. (Lingkar Network | HMS – Lingkarjateng.id)