KENDAL, Lingkarjateng.id – Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kendal, Muntoha mengatakan bahwa Dinsos Kendal berkomitmen terus berupaya memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.
Dinsos Kendal memiliki 9 layanan, di mana layanan tersebut bisa diakses oleh masyarakat secara gratis.
Kepala Dinsos Kendal mengatakan bahwa, pihaknya memiliki 9 layanan yang meliputi, layanan Program Keluarga Harapan (PKH), pengangkatan anak (adopsi), pengajuan tanda daftar Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS), pembuatan surat keterangan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).
“Kemudian pemberian surat rekomendasi pengiriman penerima manfaat ke panti pelayanan sosial, layanan konsultasi santunan kematian, pemberian bantuan logistik bencana serta konsultasi bantuan sosial. Dan Ada juga layanan usulan penerima bantuan iuran jaminan kesehatan APBN dan APBD Kabupaten,” kata Kepala Dinsos Kendal, Muntoha, pada Selasa 19 Maret 2024.
Kepala Dinsos Kendal mempersilahkan masyarakat yang ingin melakukan pelayanan di Dinsos Kendal. Dirinya menegaskan bahwa semua layanan tidak dipungut biaya atau gratis.
“Jadi kita lakukan dengan gratis, siapapun boleh mengakses. Misalnya mau konsultasi terkait adopsi ini silahkan datang ke kantor kami. Karena adopsi relatif agak banyak administrasi yang harus dicukupi. Jadi lebih baik yang bersangkutan datang ke Dinsos,” tukas Kepala Dinsos.
Ia mengungkapkan, untuk saat ini layanan yang banyak diakses oleh masyarakat, diantaranya adalah pembuatan surat keterangan DTKS dan rujukan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).
“Yang paling banyak diakses itu data kemiskinan atau DTKS. Yang kedua data untuk rujukan orang dengan gangguan jiwa. Itu relatif cukup banyak. Dan yang relatif sedang-sedang saja adalah layanan ijin adopsi,” ungkapnya.
Muntoha menambahkan, pelayanan dapat diakses di ruang pelayanan Dinsos Kendal pada saat jam kerja. Selain itu Dinsos Kendal juga membuka pelayanan 24 jam di Rumah Singgah yang juga berada di area kantor Dinsos Kendal.
“Layanan kita kadang sangat mendesak dibutuhkan masyarakat. Jadi selama kantor ini buka kita layani,” pungkasnya. (Lingkar Network | Arvian Maulana – Lingkarjateng.id)