KENDAL, Lingkarjateng.id – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kendal terus berupaya memberikan kemudahan pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) bagi masyarakat.
Kepala Disdukcapil Kendal, Ratna Mustikaningsih, mengatakan salah satu inovasi pelayanan adminduk Disdukcapil adalah Administrasi Kependudukan di Kantor Desa Mudah, Amanah, Tanpa Biaya (Pak Kades Mantab).
“Pak Kades Mantab kita persembahkan kepada masyarakat di desa atau kelurahan guna memudahkan dan mendekatkan pelayanan. Karena masyarakat hanya cukup datang ke kantor desa untuk mendapatkan pelayanan kependudukan,” jelas Ratna, Selasa, 21 Mei 2024.
Ratna berharap pemerintah desa bisa mengoptimalkan layanan Pak Kades Mantab untuk memudahkan masyarakat memperoleh dokumen adminduk. Layanan tersebut bisa diakses melalui aplikasi Pelayanan Administrasi Kependudukan dalam Genggaman (Pak Dalman).
“Jadi layanan online bagi mitra Dukcapil untuk mengakses permohonan. Setelah dokumen jadi, kita kirimkan hasilnya untuk diserahkan kepada pemohon,” lanjutnya.
Layanan adminduk secara digital itu, kata Ratna, juga bagian dari upaya untuk mendukung program Kendla Smartcity.
“Karena dengan adanya aplikasi ini, bisa diakses dimanapun berada,” pungkasnya. (Lingkar Network | Arvian Maulana – Lingkarjateng.id)