Tips Pilih Pelembap yang Tepat untuk Kulit Berjerawat

ILUSTRASI: Tangan seorang wanita sedang menggunakan pelembap untuk kulit berjerawat. (Freepik @rido81/Lingkarjateng.id)

ILUSTRASI: Tangan seorang wanita sedang menggunakan pelembap untuk kulit berjerawat. (Freepik @rido81/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Kulit wajah berjerawat merupakan salah satu permasalahan kulit yang umum ditemui. Perawatan kulit berjerawat tidak bisa setengah-setengah.Pasalnya, pemilihan produk perawatan yang salah bisa memperparah jerawat.

Salah satu langkah skincare atau perawatan kulit yang kerap ditinggalkan oleh pemilik kulit berjerawat  adalah  pelembap karena beranggapan dapat memperparah kondisi jerawat.

Faktanya, menurut dokter estetik, Kartika Mayasari, kulit berjerawat tetap membutuhkan pelembap karena bisa saja jenis kulitnya kering. Sebab bisa saja berjerawat karena kulit kering atau terlampau kering.

Pada perawatan kulit berjerawat, biasanya dokter meresepkan produk perawatan yang mengandung benzoil peroksida, retinoid atau asam salisilat. Produk tersebut memiliki efek mengeringkan kulit sehingga untuk mengimbanginya diperlukan pelembap yang aman untuk kulit berjerawat.

Berikut ini, sejumlah tips yang harus diperhatikan sebelum memilih pelembap wajah untuk kulit berjerawat:

1.Kenali Jenis Jerawat

Mengenali jenis jerawat merupakan langkah awal sebelum memilih pelembap yang diperlukan. Pada usia remaja, jerawat yang muncul disebabkan oleh sekresi sebum pada kulit yang mencapai titipk paling aktif sehigga mengganngu keseimbangan kulit.

Jenis pelembap yang cocok digunakan untuk usia remaja adalah yang mengandung bahan peeling dan anti bakteri sekaligus untuk membersihkan sisa-sisa sebum pada kulit wajah. Serta gunakan produk yang memberikan kelembapan tinggi pada kulit agar tidak terjadi eksfoliasi berlebih.

Sedangkan untuk usia 20 hingga 30, jerawat bisa muncul karena gaya hidup yang tidak sehat. Perawatan ekstra pada kulit berjerawat bagi usia ini sangat diperlukan karena ketahanan kulit cenderung menurun dan kurangnya kadar vitamin dan mineral dalam tubuh.

Pelembap yang cocok untuk mengatasi jerawat tersebut adalah yang memiliki kandungan untuk menjaga kelembapan kulit. Pilih produk yang memiliki bahan vitamin E dan bahan tambahan seperti aloe vera. Pelembap ini akan berperan membantu untuk menghidrasi kulit agar tidak kering dan tidak memproduksi minyak berlebih yang dapat memicu timbulnya jerawat.

2.Mengandung Bahan Aktif

Kulit berjerawat cukup riskan jika produk perawatan yang digunakan tidak tepat, sebab ada produk yang memang mampu merawat jerawat dan ada bahan dengan kandungan yang dapat memperparah jerawat.

Pilihlah produk pelembap untuk kulit berjerawat yang memiliki kandungan bahan antiinflamasi untuk mencegah peradangan pada kulit seperti Glycyrrhizic acid 2K dan glycyrrethic acid stearyl. Lalu, produk pelembap yang mengandung vitamin C yang membantu regenerasi kulit dan memiliki efek antiinfalamasi. Gunakan pelembap dengan kandungan vitamin C derivatif seperti vitamin C phosphate, ascorbic acid glucoside.

Selain itu, pilihkan pelembap dengan bahan yang bersifat oil free serta bebas kandungan alkohol, serta yang mengandung vitamin B2 dan Vitamin A.

3.Bertekstur Ringan

Hindari memilih pelembap yang mengandung zat aditif melainkan pilihlag pelembap yang teksturnya ringan sehingga terserap dengan baik pada kulit wajah serta tidak meninggalkan kesan berat dan lengket ketika digunakan.

Pastikan untuk memilih pelembap yang berbahan dasar air atau pelmbap dengan jenis lotion atau gel yang teksturnya encer.

4.Urutan yang Tepat

Selain memilih produk pelembap yang tepat, step pemakaian skincare juga berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Jangan sampai teracak, cuci wajah dengan sabun khusus untuk muka, disusul toner dan serum, baru gunakan pelembap. Untuk mennjaga kelembapan kulit, oleskan krim pagi atau krim malam yang mengandung tabir surya.  (Lingkar Network | Lingkarjateng.id)

Exit mobile version