Tidak Hanya soal Uang, Ini 5 Investasi Terbaik bagi Diri Kamu

Tidak Hanya soal Uang Ini 5 Investasi Terbaik bagi Diri Kamu

ILUSTRASI: Pengembangan diri dengan mengikuti pelatihan. (storyset from Freepik/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Investasi biasanya berbentuk saham, reksa dana, deposito dan lainnya. Namun menurut seorang pakar investasi, Warren Buffett pernah mengatakan bahwa, “the best investment you can make, is an investment in yourself… The more you learn, the more you’ll earn,” (Investasi terbaik yang dapat Anda lakukan, adalah investasi pada diri Anda sendiri… Semakin banyak Anda belajar, semakin banyak yang akan Anda hasilkan).

Melalui quote tersebut, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa investasi tidak melulu soal uang, bahkan investasi untuk diri sendiri juga sangat penting dilakukan. Lalu, bagaimana cara melakukan investasi untuk diri sendiri?.

1. Mengikuti Kursus

Cara pertama yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mengikuti pelatihan-pelatihan atau kursus online, agar menambah keahlian dirimu. Investasi jenis ini bisa dinamakan dengan investasi skill.

Selain menambah keahlian, kamu juga akan lebih percaya diri karena kamu berkompeten dalam mengerjakan tugas.

2. Aktif di komunitas atau organisasi

Cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah ikut bergabung dalam komunitas atau organisasi positif yang bisa menambah value dirimu.

Hal ini karena, melalui komunitas atau organisasi yang kamu ikuti, akan membuat dirimu belajar berinteraksi dan bertukar pikiran. Sehingga bisa mengembangkan dirimu menjadi lebih baik. Investasi jenis ini biasa disebut dengan investasi sosial.

3. Rajin Olahraga

Kesehatan adalah aset berharga yang tidak ternilai bagi setiap orang. Jika kamu rajin berolahraga maka kamu sudah melakukan investasi kesehatan.

Selain berolahraga, kamu bisa menerapkan gaya hidup sehat, seperti makan makanan bergizi dan tidur yang cukup. Selain itu, memiliki asuransi kesehatan yang memadai juga penting untuk melindungi kamu dari risiko kesehatan yang tidak terduga.

4. Baca Buku

Membaca buku tidak hanya sekedar menambah wawasan atau pengetahuan saja, jika kamu rajin membaca buku self improvement (pengembangan diri), maka kamu akan menjadi pribadi yang lebih positif dan produktif.

5. Dengarkan Podcast Pengembangan

Saat ini, podcast memang sudah menjamur. Banyak konten-konten yang ditawarkan, mulai dari humor, horor, dan pengembangan diri. Untuk investasi diri sendiri, tentunya kamu harus mendengarkan podcast pengembangan diri, misalnya, podcast untuk pengembangan karir.

Itulah beberapa contoh investasi untuk diri sendiri. Dengan berinvestasi secara bijaksana, maka generasi milenial dapat mencapai kesuksesan jangka panjang dan menciptakan masa depan yang lebih baik. (Lingkar Network | Shinta – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version