Sering Tidur dengan Lampu Nyala? Ini 5 Bahaya yang Perlu Diwaspadai

Sering Tidur dengan Lampu Nyala Ini 5 Bahaya yang Perlu Diwaspadai

ILUSTRASI: Seseorang yang tidur malam dengan menyalakan lampu. (Freepik/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Apakah kamu salah satu orang yang nyaman tidur malam dengan lampu menyala?. Tahukah kamu, tidur dengan menggunakan lampu yang menyala, ternyata mempunyai dampak negative untuk tubuhmu, lho.

Berikut ini terdapat 5 bahaya yang perlu kamu waspadai jika tidur di malam hari dengan lampu yang menyala.

Baik untuk Tubuh, Berikut 4 Manfaat Tidur sebelum Jam 10 Malam

1. Mengganggu pola tidurmu

Cahaya terang ternyata bisa mempengaruhi produksi melatonin, hormon tidur alami tubuh, yang memicu perasaan kantuk. Dengan ini, ketika kamu tidur dengan lampu menyala bisa membuat kamu akan sulit tidur dengan nyenyak.

2. Menurunkan kualitas tidur

Tidur dengan lampu menyala juga dapat menurunkan kualitas tidurmu. Sebaiknya kamu mencoba tidur dalam keadaan gelap, agar tubuh kamu dapat tidur nyenyak sehingga bisa memulihkan fisik dan mentalmu.

3. Metobolisme jadi terganggu

Yang tak kalah perlu diwaspadai adalah tidur dengan lampu menyala bisa mempengaruhi metabolisme tubuh. Hal ini dapat mengganggu produksi hormon yang mengatur nafsu makan, yang dapat berkontribusi pada peningkatan berat badan yang tidak sehat.

4. Berpengaruh pada kesehatan jangka panjang

Tidur dengan lampu menyala secara rutin telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit seperti diabetes, obesitas, dan penyakit kardiovaskular. Ini disebabkan oleh dampak cahaya terhadap produksi hormon dan ritme sirkadian tubuh.

5. Gangguan mental

Penelitian juga menunjukkan bahwa tidur dengan lampu menyala dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan mental, seperti depresi. Gelap adalah kondisi alamiah yang membantu tubuh untuk beristirahat dengan baik, dan ketidakmampuan untuk mencapai ini dapat memengaruhi kesehatan mental Anda.

Tidur dengan lampu menyala mungkin menjadi kebiasaan yang sulit untuk ditinggalkan, tetapi mengingat bahayanya, sebaiknya kamu mempertimbangkan untuk menciptakan lingkungan tidur yang lebih gelap dan nyaman.

Sehingga tidurmu menjadi lebih nyenyak dan segar. Kamu juga bisa mencoba menggunakan lampu tidur yang remang atau tirai tebal agar kamar tidurmu lebih gelap. (Lingkar Network | Lingkarjateng.id)

Exit mobile version