Selain Wisata, Ini 7 Ide Kegiatan Seru untuk Mengisi Liburan Sekolah

Selain Wisata Ini 7 Ide Kegiatan Seru untuk Mengisi Liburan Sekolah

ILUSTRASI: Si kecil sedang berkemah untuk mengisi waktu liburan sekolah. (Senivpetro from Freepik/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Liburan sekolah telah tiba. Ketika libur sekolah telah tiba, Anda akan mempunyai banyak waktu untuk bersama si kecil-si kecil. Lalu, apa ide kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk mengisi liburan sekolah si kecil?.

Selain berwisata, Anda bisa mengajak si kecil untuk melakukan kegiatan yang lebih produktif. Hal ini agar perkembangan otak pada si kecil menjadi lebih bagus, dari pada si kecil terus menerus bermain gadget.

1. Bermain permainan edukatif

Kegiatan seru untuk mengisi liburan sekolah yang pertama adalah mengajak si kecil untuk bermain permainan yang edukatif, seperti bermain puzzle, lego, dan bermain sambung kata.

Selain mengasyikkan, permainan yang edukatif bisa meningkatkan kreativitas, menambah percaya diri, dan mendorong si kecil untuk berimajinasi.

2. Berkemah

Anda juga bisa mengajak si kecil berkemah di halaman rumah untuk mengisi liburan sekolahnya. Berkemah bersama si kecil bisa mempererat hubungan orang tua dan si kecil.

Mulai dari membangun tenda dan melakukan ragam kegiatan yang membutuhkan kerja sama, dapat membangun banyak momen penting dalam memori jangka panjang si kecil.

3. Melukis

Kegiatan seru lainnya untuk mengisi liburan yaitu mengajak si kecil melukis. Melukis bukan sekedar hal yang menyenangkan bagi si kecil.

Melukis mempunyai berbagai manfaat baik bagi pertumbuhan dan perkembangan si kecil, seperti meningkatkan keterampilan sensorik, melatih otak kanan, dan melatih kreativitas.

4. Memancing

Dari pada bermain gadget terus menerus saat libur sekolah, lebih baik Anda mengajak si kecil untuk memancing.

Memancing bisa menjaga kebugaran fisik si kecil, meningkatkan konsentrasi, belajar mengenal nama-nama ikan, dan belajar mencintai alam.

5. Berkebun

Saat berkebun, si kecil pasti akan menanam benih dan memberi pupuk. Berkebun juga bisa mengajarkan si kecil bertanggung jawab. Karena si kecil akan belajar merawat benih sehingga tanaman bisa tumbuh dengan sehat.

6. Membuat DIY

Dari pada si kecil bosan di rumah saat liburan sekolah, Anda bisa mengajak si kecil membuat DIY (Do it Yourself), seperti membuat kotak tisu, membuat mobil mainan dari kardus, atau membuat rumah-rumahan.

7. Memasak Bersama

Saat memasak, ada beragam hal seru yang bisa dilakukan orang tua dan si kecil. Seperti tebak-tebakan bahan makanan hingga mencicipi makanan. Kegiatan ini bisa melatih kemandirian anak, membentuk pola makan yang sehat, dan membantu anak mengenal beragam rasa.

Itulah beberapa kegiatan seru yang bisa dilakukan orang tua dan si kecil untuk mengisi liburan sekolah. (Lingkar Network | Shinta – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version