Rekomendasi Film yang Cocok Ditonton untuk Peringati Hari Kesaktian Pancasila

Rekomendasi Film yang Cocok Ditonton untuk Peringati Hari Kesaktian Pancasila

ILUSTRASI: Menonton film bersama-sama. (Freepik/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Tahun ini, Hari Kesaktian Pancasila jatuh pada hari Minggu, 1 Oktober 2023. Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dilakukan untuk mengenang kembali sejarah masa lalu dalam mempertahankan ideologi bangsa.

Berikut ini ada beberapa rekomendasi film yang bisa kamu tonton untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila agar kamu memiliki wawasan yang semakin luas tentang perjuangan para pahlawan.

Lima

Sesuai judulnya, film yang tayang perdana tahun 2018 ini digarap oleh lima sutradara yaitu Shalahuddin Siregar, Tika Pramesti, Lola Amaria, Harvan Agustriansyah, dan Adriyanto Dewo. Ide utama dari film ini juga diambil dari lima sila dalam Pancasila.

Film dengan genre drama ini dibintangi Prisia Nasution, Yoga Pratama, Baskara Mahendra, Tri Yudiman, Dewi Pakis, Ken Zuraida, Alvin Adam. Hadir pula Aji Santosa, Eliza, Raymond Lukman, Gerdi Zulfitranto, Ella Hamid, Ravil Prasetya, Willem Bevers, dan Aufa Assegaf.

Film ini menceritakan tentang Aryo, Adi, dan Fara yang baru saja kehilangan ibunya, Maryam karena meninggal dunia. Maryam merupakan seorang muslim. Sedangkan ketiga anaknya yang muslim hanya Fara. Sehingga cara memakamkan Maryam menjadi perdebatan di antara Aryo, Adi, dan juga Fara.

Tak hanya itu, masalah juga berkembang usai sepeninggal Maryam. Fara menghadapi masalah di pekerjaannya. Sedangkan Aryo harus jadi pemimpin ketika membahas warisan yang ditinggalkan Maryam. Sementara itu Adi yang kerap dibully di sekolah, harus menyaksikan peristiwa yang tidak berperikemanusiaan.

Masalah-masalah mereka memiliki kedekatan dengan kita dalam kehidupan sehari-hari. Mereka bergelut dengan permasalahannya, dan pada akhirnya semua kembali ke lima hal mendasar yang menjadi akar kehidupan mereka dan kita, yaitu Tuhan, Kemanusiaan, Persatuan, Musyawarah dan Keadilan. Penasaran dengan kisah selengkapnya? Kamu bisa mengintip keseruan film ini melalui official trailer.

Sayap Kecil Garuda

Film yang tayang tahun 2014 ini sangat mengedukasi anak-anak dan remaja. Film Sayap Kecil Garuda pun sangat layak menjadi tontonan siswa sekolah dan juga orangtua karena penuh dengan pesan moral.

Film ini dibintangi oleh Rizky Black, Gatot Brajamusti, Baby Mamesa, Diza Refengga, Adam Syachrizal, Aaliyah Massaid, dan Deddy Mizwar.

Film Sayap Kecil Garuda bukan hanya bercerita mengenai Pancasila dalam kehidupan masyarakat. Namun, ada juga konflik antara Pulung, Kakek Pulung, dan Ibu Pulung yang sudah delapan tahun meninggalkannya.

Ada juga kisah kebesaran hati Pulung yang memberikan piala lomba gambarnya, untuk seorang anak tuna netra yang ingin merasakan jadi pemenang lomba.

Penumpasan Pengkhianatan G30S PKI

Poter film Penumpasan Pengkhianatan G30S PKI. (Sumber Wikipedia)

Film ini sering disebut dengan film G30S PKI. Film yang pertama kali ditayangkan pada tahun 1984 dan disutradarai oleh Arifin C Noer ini, mengisahkan para jenderal yang diculik hingga dibunuh.

Pada masa Orde Baru, film ini dulu menjadi agenda rutin diputar menjelang Hari Kesaktian Pancasila. Namun di masa Reformasi, film G30S PKI akhirnya berhenti ditayangkan.

Itulah beberapa rekomendasi film yang direkomendasikan untukmu. Selamat menonton. (Lingkar Network | Shinta – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version