*Oleh: Rasfiati, S.Pd. – Guru Bimbingan dan Konseling SMK Negeri 2 Cilacap
BIMBINGAN dan Konseling merupakan upaya pemberian bantuan oleh konselor kepada konseli secara berkesinambungan supaya dapat memahami potensi yang ada di dalam diri dan juga lingkungannya, menerima diri sendiri, mengembangkan diri secara maksimal, dan menyesuaikan diri secara positif.
Layanan bimbingan dan konseling memuat adanya beberapa komponen layanan yaitu layanan dasar, layanan responsif, layanan perencanaan individual, dan dukungan sistem. Guru BK bertanggung jawab untuk membuat dan mengaplikasikan program BK seturut dengan yang dibutuhkan para peserta didik. Untuk mengaplikasikan keempat komponen agar lebih maksimal, dalam penerapannya dibagi menjadi layanan empat bidang yaitu bidang pribadi, sosial, belajar dan karir.
Diharapkan dari adanya bidang kehidupan yang difokuskan pada layanan BK, peserta didik dapat secara optimal mengembangkan seluruh potensi yang ada dalam dirinya. Pada setiap bidangnya akan dibahas mengenai bagaimana peserta didik akan mendalami dan memanajemen bidang tersebut dalam hidupnya. Termasuk bagaimana peserta didik merencanakan pilihan kehidupan selanjutnya dalam bidang karir. Peran Guru BK dalam hal ini adalah memfasilitasi peserta didik agar bisa mengoptimalkan dirinya sehingga dapat merencanakan karir sesuai dirinya.
Menurut Walgito (2005) salah satu hal yang dapat dilakukan guna membantu siswa dalam mengembangkan perencanaan karir adalah dengan melakukan bimbingan karir kepada siswa. Bimbingan karir merupakan usaha untuk mengetahui dan memahami diri, memahami apa yang ada dalam diri sendiri dengan baik, serta untuk mengetahui dengan baik pekerjaan apa saja yang ada dan persyaratan apa yang dituntut untuk pekerjaan itu.
Salah satu media yang dapat digunakan dalam melaksanakan bimbingan karir guna untuk mengembangkan perencanaan karir adalah dengan menggunakan metode pohon karir. Hal ini juga sesuai dengan hasil penelitian (Rahman, 2020) yang menunjukkan bahwa implementasi media pohon karir dalam mengembangkan perencanaan karir siswa kelas XI IPA 1 MA Darul Ulum Waru terbukti efektif dan tepat untuk digunakan.
Pohon karir merupakan salah satu media bimbingan dan konseling yang sengaja dibuat menyerupai bentuk pohon untuk memudahkan peserta didik dalam memahami proses karir sesuai dengan minat masing-masing. Menurut Sinaga (2022) proses pengimplementasian media pohon karir dalam mengembangkan perencanaan karir dapat dilaksanakan dalam 5 tahap, yaitu:
- Tahap perencanaan, pada tahap ini Guru BK melakukan perencanaan yang matang serta mempersiapkan bahan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk membuat pohon karir, seperti kertas, gunting, spidol warna-warni.
- Tahap pelaksanaan, pada tahap ini Guru BK mengajak peserta didik membuat sebuah pohon pada media yang sudah disediakan dan peserta didik membuat pola daun dan mengisi dengan jenis pekerjaan yang sesuai dengan program keahlian di SMK.
- Tahap evaluasi, setelah dilakukannya tahap pelaksanaan maka selanjutnya adalah melakukan evaluasi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan.
- Tahap analisis hasil evaluasi, pada tahap ini Guru BK menafsirkan hasil evaluasi pelaksanaan pembuatan media pohon karir yang telah dilakukan terhadap peserta didik.
- Tahap tindak lanjut, pada tahap ini hasil analisis terhadap evaluasi yang telah dilakukan digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk tindak lanjut yang akan dilakukan oleh Guru BK.
Pemilihan media pohon karir dalam perencanaan karir digunakan agar peserta didik lebih mudah dalam memahami dirinya sendiri serta lingkungannya. Dengan begitu, mereka bisa mengambil keputusan, merencanakan, dan mengarahkan keputusan perencanaan tersebut secara tepat. Jika keputusan dan perencanaan yang diambil tepat sasaran, maka sudah pasti karir, harapan, dan juga cara hidup di kemudian hari akan memberi kepuasan yang layak dan seimbang.
DAFTAR PUSTAKA
Rahman, A. J. (2020). Pengaruh Layanan Informasi Menggunakan Media Pohon Karier Terhadap Perencanaan Karier Siswa Kelas XI IPA 1 MA Darul Ulum Waru Sidoarjo. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 1(1), 130-136.
Walgito, Bimo. 2005. Bimbingan dan Konseling : Studi dan Karir. Yogyakarta : Penerbit Andi.
Sinaga, I. N., & Sa’adah, N. (2022). Persepsi Siswa Kelas IX dalam Merencanakan Karier dengan Bantuan Media Pohon Karier. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, 8 (1), 48-54.