Jaga Gula Darah, Ini 7 Pilihan Buah yang Aman untuk Penderita Diabetes

Jaga-Gula-Darah,-Ini-7-Pilihan-Buah-yang-Aman-untuk-Penderita-Diabetes

ILUSTRASI: Irisan bermacam-macam buah. (lifeforstock from Freepik/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Untuk membantu mencukupi kebutuhan energi tubuh tanpa meningkatkan kadar gula darah yang berlebihan, penderita diabetes juga bisa mengonsumsi buah-buahan.

Meski memiliki rasa manis, buah tetap menjadi salah satu makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes. Karena buah mengandung bermacam nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh.

Banyak orang berpikir bahwa mengonsumsi buah bisa meningkatkan kadar gula darah penderita diabetes.

Enak dan Sehat, Ini 7 Camilan untuk Penderita Diabetes

Namun ternyata, Menurut American Diabetes Association (ADA) ada beberapa jenis buah yang kaya vitamin dan mineral, sekaligus membantu menyeimbangkan kadar gula darah. Lalu, apa saja buah yang aman untuk penderita diabetes?.

Persik

Buah yang aman untuk penderita diabetes adalah Persik. Kamu bisa mengolah buah ini menjadi smoothie yang lezat, tentunya tanpa tambahan gula.

Satu buah persik ukuran sedang mengandung 59 kalori dan 14 gram karbohidrat. Buah persik juga mengandung 10 miligram Vitamin C, yang mencukupi 11 persen kebutuhan harian.

Selain itu, buah persik mengandung 285 miligram potassium yang memenuhi enam persen kebutuhan harian tubuh.

Alpukat

Buah yang aman untuk penderita diabetes, yang kedua adalah alpukat. Alpukat bisa menciptakan rasa kenyang lebih lama setelah dikonsumsi. Hal ini mampu meningkatkan kinerja hormon insulin.

Alpukat juga bermanfaat menurunkan risiko sindrom metabolik yang menjadi pemicu utama diabetes. Kamu bisa mengonsumsi alpukat secara langsung dibuat salad, selai, atau isian sandwich.

Pir

Buah yang aman untuk penderita diabetes, yang ketiga adalah pir. Buah ini mengandung serat cukup tinggi dan sangat cocok untuk penderita diabetes.

Makan buah pir dapat mencukupi sekitar lebih dari 20% asupan serat harian yang direkomendasikan.

Serat pada buah ini membantu memperlancar sistem pencernaan dan membuat kenyang lebih lama. Sehingga, keinginan untuk makan berlebih pun dan gula darah jadi lebih terkontrol.

Apel

Buah yang aman untuk penderita diabetes, yang keempat adalah apel. Kandungan serat pada buah apel dapat membuat perut kenyang lebih lama, memperlambat penyerapan nutrisi seperti gula ke dalam aliran darah, dan mengurangi kolesterol.

Saat mengonsumsi apel, sebaiknya makan bersama kulitnya karena bagian tersebut mengandung banyak gizi dan antioksidan.

Kiwi

Buah yang aman untuk penderita diabetes, yang lima adalah Kiwi. Kiwi salah satu buah yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus.

Buah kiwi mengandung zat besi, asam folat, kalsium, vitamin C, serat, dan antioksidan.  Kandungan tersebut dipercaya mampu memperlambat laju penyerapan glukosa di dalam tubuh.

Mengutip buku berjudul Miracle Juices Penumpas Diabetes dan Hipertensi karya Desti Ervira P.S.Gz.MPH, jus kiwi tidak hanya bermanfaat untuk terapi mengobati diabetes melitus tapi juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

Buah Beri

Buah yang aman untuk penderita diabetes, yang keenam adalah buah beri. Buah beri seperti blueberry atau stroberi adalah jenis buah terbaik untuk penderita diabetes.

Buah ini bisa dikombinasikan dengan yoghurt tanpa lemak agar bisa menjadi menu sarapan atau makanan penutup yang lezat.

Melansir penelitian yang dikutip Diabetes Organization, menemukan bahwa makan 2 cangkir raspberry merah dengan makanan tinggi karbohidrat secara signifikan mengurangi insulin dan gula darah setelah makan, pada orang dewasa dengan prediabetes, dibandingkan dengan kelompok lainnya.

Ceri

Buah yang aman untuk penderita diabetes yang ketujuh adalah ceri. Buah ceri kaya akan kandungan kalium dan antioksidan. Dikutip dari Nutrients Journal, baik itu ceri asam maupun manis sama-sama mengandung polifenol dan vitamin C yang berlimpah.

Kedua nutrisi tersebut efektif mencegah peradangan dan mengurangi stres oksidatif, yang dapat memicu komplikasi diabetes.

Itulah beberapa pilihan buah yang aman untuk penderita diabetes. (Lingkar Network | Shinta – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version