Lingkarjateng.id – Head of External Communications salah satu e-commerce di Indonesia, Ekhel Chandra Wijaya membagikan tips agar pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) bisa membagi waktu antara pekerjaan dan usaha sampingan secara efektif.
Berikut lima tips yang dapat Anda diterapkan sebagai pelaku usaha, dikutip dari siaran pers pada Rabu, 14 September 2022.
1. Alokasi Waktu dengan Tepat
Membagi waktu dengan tepat antara pekerjaan tetap dan bisnis sampingan akan membantu menghindari pengorbanan waktu antara satu kegiatan dengan yang lainnya.
“Misal, di pagi hari bisa difokuskan pada pekerjaan tetap. Saat istirahat siang, bisa menikmati makan siang sambil bertemu dengan vendor usaha sampingan atau membalas chat calon pembeli,” kata Ekhel.
2. Aktifkan Fitur Smart Reply
Fitur smart reply dapat memudahkan penjual dalam membalas chat pembeli dengan lebih cepat secara otomatis. Penjual bisa menggunakan fitur tersebut untuk tiga fungsi yang berbeda, yaitu menjawab pertanyaan tentang stok produk, pengiriman dan spesifikasi produk.
“Fitur smart reply ini akan membantu penjual tetap responsif dengan calon pembeli walau sedang sibuk dengan kegiatan lain,” ujar Ekhel.
3. Manfaatkan Fitur Iklan Agar Promosi Terus Berjalan
Penjual dapat memanfaatkan fitur beriklan otomatis agar produknya tampil teratas di halaman marketplace. Cukup dengan mengatur anggaran harian, penjual secara lebih praktis dapat menjangkau lebih banyak pembeli dan memaksimalkan penjualan.
4. Jangan Ragu untuk Meminta Bantuan
Memegang dua tanggung jawab bisa menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Jangan ragu untuk meminta bantuan dari rekan terdekat untuk memudahkan pekerjaan. Banyak UMKM lokal yang berhasil mempertahankan kelangsungan bisnisnya dengan mengedepankan kolaborasi bersama rekan atau keluarga.
5. Sediakan Waktu untuk Istirahat dan Cari Inspirasi
Selain bersemangat dalam mendorong produktivitas, hal yang paling penting adalah jangan lupa untuk beristirahat agar tidak cepat burn out atau kelelahan.
“Agar tetap memiliki waktu istirahat yang teratur, para penjual juga dapat memanfaatkan fitur Jadwal Toko untuk mengatur jam buka-tutup hingga jadwal libur toko. Di tengah waktu kosong tersebut, jangan lupa untuk mencari inspirasi dan wawasan dari UMKM lainnya dari komunitas,” pungkasnya.
Untuk anda yang masih belum menemukan pekerjaan yang ideal atau ingin mengembangkan ke jenjang karir yang lebih tinggi anda dapat mengecek Lowongan Kerja Jawa Tengah di Jooble. Jooble sendiri merupakan web penyedia informasi lowongan pekerjaan yang cukup lengkap dan terpercaya, Jooble sendiri berkomitmen untuk terus menghadirkan berbagai lowongan pekerjaan kepada khalayak yang membutuhkan. Selain itu, antarmuka Jooble yang user friendly memudahkan kita dalam menemukan pekerjaan yang paling ideal. (Lingkar Network | Anta – Lingkarjateng.id)