Hindari Mogok! Ini 6 Tips Merawat Sepeda Motor saat Musim Hujan

ILUSTRASI: Pengendara motor sedang menerjang hujan. (Pexel @cottonbro studio/Lingkarjateng.id)

ILUSTRASI: Pengendara motor sedang menerjang hujan. (Pexel @cottonbro studio/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Intensitas hujan mulai tinggi memasuki akhir tahun. Oleh karenanya, sepeda motor yang kerap digunakan wara-wiri saat hujan perlu melakukan perawatan ekstra agar tidak mogok sewaktu-waktu.

Merawat kendaraan saat musim hujan memang perlu usaha lebih agar mesin tetap awet dan bekerja dengan prima. Sebab, kendaraan lebih sering kotor dan sangat berkemungkinan mesin kemasukan air. Jika kondisi ini dibiarkan dikhawatirkan dapat merusak bagian dalam mesin.

Kendati begitu, kerusakan motor saat musim hujan tetap dapat diminimalkan jika rajin membersihkan dan merawat kendaraan. Berikut ini tips merawat sepeda motor saat musim hujan.

1. Cuci Motor Secara Rutin

Proses perawatan sepeda motor saat musim hujan yang tidak boleh dilewatkan adalah mencuci kendaraan. Cuci motor secara rutin untuk menghilangkan kotoran dan sisa-sisa air hujan yang menempel. Kotoran dan sisa-sisa air hujan dapat menyebabkan korosi dan kerusakan pada motor. Jika mencuci motor sendiri, pastikan untuk menggunakan air bersih dan sabun khusus motor.

2. Periksa Kondisi Oli Motor

Oli motor berperan penting dalam melumasi mesin dan melindunginya dari karat. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa kondisi oli motor secara rutin. Jika oli motor sudah berkurang atau berwarna hitam, segera ganti dengan oli baru. Kemudian jika warna oli keabu-abuan, kemungkinan besar oli motor sudah tercampur dengan air atau genangan air. Agar kondisi ini tidak mengurangi kinerja mesin, segera bilas atau kuras oli motor. Pembilasan akan mengurangi risiko kerusakan pada mesin motor.

3. Periksa Kondisi Ban Motor

Ban motor yang dalam kondisi baik dapat memberikan traksi yang baik saat berkendara di jalan basah. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa kondisi ban motor secara rutin. Pastikan ban motor dalam kondisi prima, tidak ada retak atau keausan yang berlebihan. Jika ada retak atau keausan yang berlebihan, segera ganti dengan ban baru.

4. Periksa Kondisi Rantai Motor

Rantai motor yang dalam kondisi baik dapat bekerja dengan lancar dan tidak menimbulkan suara berisik. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa kondisi rantai motor secara rutin. Pastikan rantai motor dalam kondisi bersih dan tidak ada karat. Jika rantai motor sudah aus, segera ganti dengan rantai baru. Selain itu pastikan untuk sering melumasi rantai motor dengan grease khusus rantai, terutama jika motor tidak memiliki cover rantai. Sebab musim cipratan air hujan dapat mempercepat lunturnya pelumas pada rantai.

5. Bersihkan Busi Motor

Jangan sampai kamu mengalami motor tiba-tiba mogok di jalan saat turun hujan gara-gara busi motor tidak bersih. Ini adalah pengalaman menjengkelkan. Oleh karena itu, rajinlah membersihkan busi motor karena busi yang basah akan menghambat penyalaan motor saat dihidupkan. Selain itu hindari melewati genangan air yang tinggi dan lebih baik mematikan motor jika berniat menerobosnya.

6. Cek Bagian Kelistrikan

Jika tempat parkir sepeda motormu tak memiliki atap, maka petaka bagi kendaraan kesayanganmu sebab guyuran air hujan yang mengenai sela-sela bagian kelistrikan bisa mengganggu fungsi kelistrikan pada motor. Oleh karena itu, jangan lewatkan untuk membersihkan bagian kelistrikan pada sepeda motor. Selain bagian kelistrikan, pastikan kabel-kabel pada motor dalam kondisi baik dan tidak ada yang terkelupas. Jika ada yang bermasalah segera perbaiki agar tidak merusak bagian kelistrikan motor.

Demikian sedikit tips merawat sepeda motor saat musim hujan yang harus diketahui. Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu dapat merawat motor dengan baik dan mencegah kerusakan yang dapat terjadi saat musim hujan. (Lingkar Network | Lingkarjateng.id)

Exit mobile version