Gaya Hidup Zero Waste, 4 Cara Memanfaatkan Limbah Rumah Tangga Jadi Hal Berguna

ILUSTRASI: Pembuatan pupuk kompos dari limbah rumah tangga. (Freepik @rawpixel.com/Lingkarjateng.id)

ILUSTRASI: Pembuatan pupuk kompos dari limbah rumah tangga. (Freepik @rawpixel.com/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Dewasa ini ajakan untuk menerapkan gaya hidup zero waste semakin santer digaungkan. Hal ini mengingat tingkat konsumsi masyarakat yang kian tinggi namun kesadaran pengelolaan dan pengolahan sampah masih relatif rendah. Meskipun hidup tanpa menghasilkan sampah memang hampir tidak mungkin dilakukan, tetapi setidaknya bisa mengurangi produksi sampah.

Gaya hidup zero waste atau bebas dari sampah bisa dimulai dari lingkungan rumah tangga dengan  menerapkan prinsip reduce, reuse, dan recycle. Memang butuh usaha lebih dan kesadaran diri untuk menjaga lingkungan bebas dari sampah, namun manfaatnya akan kita rasakan secara berkelanjutan.

Nah, berikut ini beberapa cara efektif mengelola dan memanfaatkan limbah rumah tangga untuk menerapkan gaya hidup zero waste.

1.Pupuk Kompos

Sadarkah kamu ada bahan masakan yang tidak digunakan dan berakhir dibuang begitu saja? Misalnya, bonggol sayuran, kulit buah-buahan, hingga sisa makanan. Limbah rumah tangga ini bisa kamu sulap menjadi pupuk kompos yang sangat bermanfaat untuk aktivitas bercocok tanam. Proses komposting ini menghasilkan pupuk alami yang dapat digunakan untuk memperkaya tanah dan memperbaiki struktur tanah di kebun atau taman.

Selain pupuk kompos, kamu juga dapat membuat larutan pupuk cair dari sisa sayuran dan buah-buahan yang tidak digunakan.

2.Pakan Ternak

Limbah rumah tangga tak hanya bisa dijadikan pupuk kompos dan pupuk cair. Sisa-sisa makanan, kulit buah, daun, dan sisa sayuran bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Bahkan, limbah organik rumah tangga juga bisa diolah menjadi pelet atau pakan ikan.

3.Bahan Kerajinan Tangan

Tak hanya pengelolaan sampah organik saja, kamu bisa memanfaatkan barang-barang rumah tangga yang sudah tidak terpakai sepert botol plastik, baju bekas, kardus, batok kelapa dan lain sebagainya menjadi bahan kerajinan tangan.

MIsalnya, kamu bisa memanfaatkan botol plastik bekas untuk diubah menjadi tempat pensil, pot bunga dan kotak tisu. Atau memanfaatkan baju bekas menjadi keset. Cara-cara kreatif mendaur ulang limbah rumah tangga non organik ini juga bisa menjadi ladang bisnis kamu, lho.

4.Ecobrick

Jika kamu bingung bagaimana memanfaatkan tumpukan botol plastik di rumah, cobalah membuat ecobrick. Ecobrick merupakan salah satu cara terbaik mengolah limbah plastik agar tidak berujung pada temat pembuangan akhir. Untuk membuat ecobrick, isi botol-botol plastik dengan limbah nonbiological untuk membuat blok bangunan yang nantinya bisa dipakai kembali. Cara ini sudah dipraktikkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang membangun rumah dengan memanfaatkan botol bekas.

Dengan mengadopsi prinsip pengelolaan dan pemanfaatan limbah rumah tangga yang berkelanjutan, kita dapat berkontribusi pada upaya global untuk melindungi lingkungan dan meraih kehidupan yang lebih hijau. Gaya hidup zero waste ini merupakan langkah kecil yang memiliki dampak besar dalam jangka panjang dan membantu menciptakan dunia yang lebih baik bagi generasi mendatang. (Lingkar Network | Lingkarjateng.id)

Exit mobile version