Cocok untuk Cuaca Panas, Ini 7 Buah yang Bantu Penuhi Kebutuhan Air pada Tubuh

Cocok untuk Cuaca Panas Ini 7 Buah yang Bantu Penuhi Kebutuhan Air pada Tubuh

ILUSTRASI: Buah-buahan yang cocok dikonsumsi saat cuaca panas. (4045 from Freepik/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Cuaca panas dapat membuat tubuh kehilangan air lebih cepat, yang bisa menyebabkan dehidrasi jika tidak diimbangi dengan cukup asupan cairan.

Selain minum air, buah-buahan juga bisa berperan dalam membantu memenuhi kebutuhan air pada tubuh. Buah-buahan adalah pilihan yang cerdas karena sebagian besar memiliki kandungan air yang tinggi.

Dalam artikel ini, terdapat tujuh buah yang membantu kamu memenuhi kebutuhan air saat cuaca panas. Apa saja?

1. Semangka

Semangka dikenal sebagai buah yang memiliki kandungan air yang sangat tinggi, sekitar 90% dari bobotnya. Buah ini tidak hanya segar dan lezat, tetapi juga membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi.

2. Mentimun

Mentimun adalah buah yang sebagian besar terdiri dari air, sekitar 95% dari bobotnya. Mengonsumsi mentimun dapat membantu menjaga kulit tetap segar dan keseimbangan cairan tubuh.

Bikin Rumah Sejuk, Ini 7 Rekomendasi Tanaman Hias yang Menyerap Panas

3. Melon

Melon adalah sumber air yang kaya dan kandungan gulanya juga membantu memberikan energi. Melon sangat menyegarkan saat dimakan dalam bentuk dingin atau dibuat menjadi jus.

4. Pepaya

Pepaya memiliki kandungan air yang signifikan, sekitar 88%. Selain itu, pepaya juga mengandung banyak serat dan nutrisi penting lainnya yang baik untuk pencernaan dan kesehatan kulit.

5. Jeruk

Jeruk adalah buah yang mengandung banyak air dan vitamin C. Makan jeruk dapat memberikan hidrasi dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

6 Langkah Menjaga Tubuh Tetap Segar Meski Cuaca Panas

6. Buah Beri

Buah beri seperti stroberi, blueberry, dan raspberry mengandung air yang cukup tinggi dan juga kaya akan antioksidan. Ini membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk menjaga kesehatan selama cuaca panas.

7. Anggur

Anggur memiliki kandungan air sekitar 80% dan kaya akan antioksidan. Buah ini juga bisa memberikan rasa segar dan manis saat dikonsumsi.

Mengonsumsi buah-buahan ini tidak hanya memberikan hidrasi tambahan, tetapi juga memberikan manfaat gizi yang beragam. Jika cuaca panas, kamu bisa mencoba membuat campuran buah dalam bentuk salad, smoothie, atau hanya dinikmati segar. Jangan lupa untuk tetap minum air putih secara teratur, karena walaupun buah-buahan membantu, asupan cairan yang cukup tetap sangat penting untuk menjaga keseimbangan tubuh. (Lingkar Network | Lingkarjateng.id)

Exit mobile version