7 Tips Mendaki Gunung untuk Pemula, Apa Saja yang Perlu Disiapkan?

Ilustrasi mendaki gunung. (Freepik/Lingkarjateng.id)

Ilustrasi mendaki gunung. (Freepik/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Sebagian orang mungkin ingin merasakan memiliki hobi baru yang berkaitan dengan penjelajahan alam, salah satunya mendaki gunung.

Sebab hanya dengan mendaki gunung, seseorang dapat menikmati pemandangan indah, menyaksikan ekosistem yang masih alami, hingga menghirup udara segar puncak gunung.

Namun perlu diketahui, mendaki gunung bukanlah hal yang mudah. Para pendaki pemula harus benar-benar mengetahui persiapan apa saja yang perlu dilakukan.

1. Siapkan fisik dan mental

Fisik dan mental yang siap menjadi faktor terpenting sebelum melakukan pendakian gunung. Bahkan sebelum mendekati hari-H keberangkatan, tubuh wajib dalam kondisi fit.

Untuk mempersiapkannya, Anda dapat melakukan olahraga ringan di rumah seperti lari dan istirahat yang cukup. Tujuannya agar saat mendaki, pernapasan tidak akan terganggu karena sudah berlatih pada hari sebelumnya serta tak cepat letih.

Selain itu, mental pun harus tetap aman terkendali. Bagi Anda yang takut dengan suasana malam gelap gulita dan takut ketinggian tidak disarankan untuk melakukan perjalanan ini.

2. Memilih teman yang tepat

Mendaki gunung tidak hanya soal olah fisik, mental, maupun mencari ketenangan di alam, melainkan juga soal mencari teman yang tepat. Terutama memilih teman yang sudah berpengalaman dan mengetahui medan gunung.

Pasalnya, memilih teman yang tepat untuk mendaki gunung akan membuat Anda selamat, aman, dan sekaligus melatih mental solidaritas.

3. Persiapkan peralatan mendaki dan pakaian yang sesuai

Beberapa peralatan mendaki yang penting dibawa yaitu tenda beserta perlengkapannya, kompor beserta peralatan makan dan masak, kompas, powerbank, senter, jas hujan, matras dan sleeping bag, dan lain-lain.

Selain itu, bawalah pakaian yang sesuai terutama baju dan jaket hangat. Untuk berjaga-jaga, bawalah pakaian ganti dan pembalut khusus bagi pendaki perempuan.

4. Pilih pendakian dengan medan yang mudah

Sebagai pemula, memilih medan pendakian yang tepat menjadi hal terpenting. Anda bisa mendaki ke gunung dengan ketinggian rendah dan medan yang banyak landainya. Atau Anda dapat melakukan riset mendalam untuk mengenali karakteristik gunung yang akan dikunjungi.

5. Kabari keluarga dan teman dekat

Berbeda dengan aktivitas liburan lainnya, saat akan mendaki gunung Anda wajib meminta izin atau memberikan kabar kedapa keluarga dan teman dekat. Tujuannya agar menghindari hal tidak diinginkan terjadi, sehingga teman dan keluarga dapat segera mengetahui keberadaan Anda.

6. Membawa air dan makanan secukupnya

Kebutuhan makan dan minum atau logistik memang sudah menjadi kewajiban untuk dibawa pendaki. Setiap tim dapat membagi perlengkapan makanan yang ingin dibawa seperti beras, snack, air minum, dan sebagainya.

7. Menjaga tata krama selama mendaki

Setiap gunung memiliki norma dan tata kramanya masing-masing, misalnya dilarang berkata kotor atau melakukan tindakan tidak senonoh.

Untuk itu Anda harus mematuhi segala peraturan yang ada. Harapannya, baik saat memulai pendakian hingga pulang tidak ada insiden yang terjadi. Maka jadilah pendaki yang bijak.

Demikian 7 tips mendaki gunung untuk pemula yang wajib untuk diketahui. Persiapkanlah dari jauh hari agar fisik dan mental tetap kuat selama mendaki.  (Lingkar Network | Sekar – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version