7 Tips agar Rumah Tetap Aman saat Ditinggal Liburan Akhir Tahun

Ilustrasi keluarga yang siap menikmati liburan akhir tahun. (Canva/Lingkarjateng.id)

Ilustrasi keluarga yang siap menikmati liburan akhir tahun. (Canva/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.idLiburan akhir tahun merupakan waktu yang tepat untuk bersantai dan menghabiskan momen bersama keluarga dan teman-teman. Estimasi waktu liburan akhir tahun pun beragam, biasanya hanya sampai dua hari atau menyesuaikan lama cuti masing-masing jadwal kerja.

Namun jangan sampai kesenangan liburan membuat rumah Anda menjadi target kejahatan. Sebab waktu berlibur juga menjadi momen yang ditunggu para pelaku kejahatan seperti pencurian dan perampokan.

Oleh karena itu, sebelum berlibur pastikan terlebih dahulu bahwa rumah yang Anda tinggalkan dalam keadaan aman. Berikut beberapa tips agar rumah tetap aman selama ditinggal liburan akhir tahun.

1. Pasang Sistem Keamanan yang Efektif

Investasikan dalam sistem keamanan seperti kamera pengawas atau alarm rumah. Sistem ini dapat memberikan keamanan tambahan dan memberi Anda pemantauan langsung, terutama jika Anda sedang bepergian jauh.

2. Jangan Bagi Info Liburan di Media Sosial

Hindari membagikan informasi tentang liburan Anda di media sosial sebelum Anda benar-benar kembali. Informasi ini bisa menarik perhatian pihak yang tidak diinginkan.

3. Tutup Rapat Jendela dan Pintu

Pastikan semua jendela dan pintu ditutup rapat sebelum pergi. Periksa kunci dan pastikan semuanya terkunci dengan baik.

4. Simpan Barang Berharga dengan Aman

Simpan barang berharga Anda seperti perhiasan atau dokumen penting di tempat yang aman dan tersembunyi. Hindari meninggalkan barang berharga di tempat yang mudah dijangkau.

5. Periksa Kendaraan dan Akses ke Rumah

Pastikan semua kendaraan Anda terkunci dengan baik. Periksa juga akses ke rumah seperti garasi atau pintu belakang untuk memastikan semuanya aman.

6. Gunakan Brankas

Jika Anda memiliki barang berharga yang tidak bisa dibawa, pertimbangkan untuk menyimpannya di brankas. Ini memberikan lapisan perlindungan tambahan.

7. Beri Tahu Tetangga

Beri tahu tetangga tepercaya Anda bahwa Anda akan pergi. Tetangga yang sadar dapat membantu memantau aktivitas di sekitar rumah Anda dan memberi tahu Anda jika ada yang mencurigakan.

Demikian beberapa tips agar rumah tetap dalam keadaan aman selama ditinggal liburan akhir tahun. Laporkan kepada polisi jika Anda melihat sesuatu yang mencurigakan di sekitar rumah Anda. (Lingkar Network | Lingkarjateng.id)

Exit mobile version