7 Strategi Atur Keuangan Saat Liburan Akhir Tahun Agar Tidak Boros

ILUSTRASI: Seseorang tengah menghitung keuangan untuk liburan. (Freepik/Lingkarjateng.id)

ILUSTRASI: Seseorang tengah menghitung keuangan untuk liburan. (Freepik/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Sebagian besar orang menantikan momen akhir tahun untuk melakukan liburan. Oleh karena itu, segala persiapan pun telah dirancang jauh-jauh hari mulai dari budgeting selama perjalanan hingga pengajuan cuti.

Meskipun persiapan liburan akhir tahun sudah matang dirancang jauh-jauh hari, akan tetapi pengaturan keuangan saat liburan juga tak kalah penting, lho. Jangan sampai gara-gara asyik menikmati suasana liburan malah membuat pengeluaran boros. Wah, bisa kacau.

Supaya tak boros saat menikmati liburan akhir tahun, berikut ini strategi mengatur keuangan saat liburan biar enggak gampang boros gara-gara lapar mata.

1. Rencana Anggaran

Langkah pertama untuk menghindari pemborosan selama liburan adalah membuat rencana anggaran. Tentukan batas pengeluaran untuk akomodasi, transportasi, makanan, dan aktivitas hiburan. Dengan memiliki rencana yang jelas, kamu dapat mengontrol pengeluaran dan mencegah kelebihan biaya.

2. Pesan Tiket dan Akomodasi Lebih Awal

Tips mengatur keuangan saat liburan selanjutnya adalah dengan memanfaatkan diskon dan penawaran khusus dengan memesan tiket pesawat dan akomodasi lebih awal. Harga cenderung lebih terjangkau jika melakukan pemesanan jauh sebelum tanggal keberangkatan. Ini membantu menghindari kenaikan harga mendadak di saat liburan tiba.

3. Cari Promo dan Diskon

Musim liburan biasanya banyak penawaran promo dan diskon yang tersedia untuk destinasi liburan. Banyak restoran, tempat wisata, dan toko menawarkan promo khusus selama musim liburan. Manfaatkan kesempatan ini untuk menghemat biaya.

4. Pilih Aktivitas Gratis atau Terjangkau

Tips hemat mengatur keuangan saat liburan selanjutnya yaitu mencari aktivitas yang tidak memerlukan biaya besar. Jelajahi tempat wisata lokal, taman, atau acara komunitas yang dapat dinikmati tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Aktivitas-aktivitas sederhana ini seringkali menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

5. Bawa Uang Tunai Secukupnya

Sistem cashless memang mempermudah segala transaksi, namun jika tidak cermat dalam mengelola pengeluaran pembayaran nontunai ini cukup riskan untuk melebihi budget yang telah disiapkan. Sebaliknya, membawa uang tunai dalam jumlah banyak juga berisiko menimbulkan godaan untuk membeli barang lebih tinggi. Oleh karena itu bawalah uang tunai yang cukup selama perjalanan. Gunakan uang yang sudah dianggarkan sesuai pos kebutuhan selama liburan.

6. Pantau Pengeluaran secara Berkala

Selama liburan, pantau pengeluaran secara berkala. Gunakan aplikasi keuangan atau catatan harian untuk melihat seberapa baik kamu mengikuti rencana anggaran. Jika ada kelonggaran, pertimbangkan untuk menyesuaikan rencana agar tetap terkendali.

7. Disiplin

Poin terakhir mengatur keuangan saat liburan ini sangat penting, yaitu disiplin. Dengan disiplin mengikuti rencana keuangan dan rencana perjalanan yang telah ditentukan akan memudahkan kamu mengendalikan keinginan melakukan hal-hal diluar budget.

Demikian tujuh tips mengatur keuangan selama liburan agar tidak boros dan over budget. Dengan menerapkan tips di atas, kamu dapat menikmati liburan tanpa perlu khawatir tentang pemborosan keuangan. Liburan yang terencana dengan baik tidak hanya memberikan pengalaman yang memuaskan tetapi juga memastikan keuangan tetap sehat. (Lingkar Network | Lingkarjateng.id)

Exit mobile version