6 Tips Jitu Tingkatkan Penjualan di Era Digital

ILUSTRASI: Ilustrasi peningkatan penjualan melalui digital marketing. (Freepik/Lingkarjateng.id)

ILUSTRASI: Ilustrasi peningkatan penjualan melalui digital marketing. (Freepik/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia kian menjamur, apalagi dengan semakin mudahnya market pemasaran secara daring. Untuk bisa bersaing di era digital saat ini, para pelaku usaha harus bisa memaksimalkan potensi penjualannya.

Pemasaran secara digital menjadi sebuah keharusan agar produk usaha bisa dikenal semakin luas oleh masyarakat lintas daerah. Selin peningkatan penjualan, pemasaran digital akan membantu masyarakat mengenal jenama maupun produk usaha.

Dalam artikel ini akan membahas 6 tips memaksimalkan potensi penjualan di era digital dengan memanfaatkan media sosial. Yuk, intip ulasannya berikut ini.  

Buat Tampilan Produk Semenarik Mungkin

Gambar dan visualisasi adalah salah satu cara meningkatkan potensi penjualan di era digital. Usahakan tampilan etalase produk kamu lebih eye-catching dengan menyajikan foto dan deskripsi produk yang jelas dan rinci. Pastikan deskripsi dan foto produk tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga mampu menggambarkan fungsi, keunggulan, dan kualitas produk tersebut dengan jelas.

Tingkatkan Trafik Penjualan di e-commerce

Dengan memanfaatkan media sosial, kamu bisa meningkatkan trafik penjual antara lain dengan menggunakan judul yang sesuai, menarik, serta mengandung kata kunci yang sering dipakai calon pembeli ketika mencari produk terkait.

Lengkapi judul produk dengan merek dan/atau nama toko, tipe, seri, variasi, dan detail lainnya pada kolom deskripsi. Bisa juga menggunakan ‘harga coret’ dalam etalase produk yang menunjukkan bahwa produk yang Anda jual sedang promo. Kamu juga bisa membagikan promo yang ditawarkan di toko melalui media sosial.

Tingkatkan Ulasan Positif

Kualitas produk yang baik, harga yang kompetitif serta layanan terbaik akan mendorong pembeli untuk memberikan ulasan dan penilaian positif terhadap produk dan toko kamu.

Kirimkan pengingat kepada pembeli melalui chat untuk memberikan ulasan. Pemberian voucher diskon, gratis ongkos kirim, serta paket best deals untuk pembelian berikutnya juga dapat menjadi salah satu cara mendorong pelanggan untuk memberikan ulasan tentang produk dan layanan toko Anda.

Manfaatkan Fitur Live Streaming

Tak hanya membantu memperkuat hubungan antar penjual dan calon pembeli, fitur live streaming di media sosial dan e-commerce bisa membantu penjualan lebih laris karena calon pembeli bisa bertanya seputar produk yang mereka inginkan secara langsung sambil menyaksikan live yang terkadang juga menampilkan try-on produk.

Ikuti program affiliate

Program Affiliate di e-commerce akan memberikan kesempatan kepada individu, termasuk penjual online, untuk mendapatkan komisi dari hasil penjualan melalui link yang disebar di media sosial atau aplikasi pesan singkat.

Dengan menyebarkan link yang langsung mengarah pada produk atau toko, peluang untuk mendapatkan penjualan dari link tersebut akan lebih tinggi, terutama bila kamu menyebarkan link tersebut di komunitas yang sesuai dengan target pasar.

Jangan Berhenti Belajar dan Berusaha

Kunci paling penting dalam meningkatkan penjualan adalah istiqamah dan tidak berhenti belajar. Saat ini ada banyak sekali platform yang menyediakan pelatihan pemasaran digital. Kamu juga bisa mengikuti pelatihan gratis yang difasilitasi pemerintah seperti pada program Pra Kerja dan memantau akun-akun yang mewadahi UMKM.  

Demikian 6 cara meningkatkan penjualan di era digital. Kamu bisa mencoba mulai dari yang paling awal yaitu memberikan visualissasi produk yang menarik. (Lingkar Network | Anta – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version