6 Langkah Menjaga Tubuh Tetap Segar Meski Cuaca Panas

ILUSTRASI: Seorang perempuan beraktivitas di tengah cuaca panas. (Freepik/Lingkarjateng.id)

ILUSTRASI: Seorang perempuan beraktivitas di tengah cuaca panas. (Freepik/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi musim kemarau tahun 2023 lebih panjang dari biasanya. Akibat fenomena El Nino  suhu udara semakin meningkat. Suhu panas yang tinggi dapat membuat kenyamanan sehari-hari terganggu.

Menghadapi suhu panas yang ekstrem membutuhkan perhatian ekstra terhadap kesehatan dan kenyamanan. Pasalnya kondisi panas tidak ekstrem ini bisa membuat kesehatan nge-drop jika tidak dibarengi dengan menjaga kesehatan. Berikut ini beberapa tips yang berguna untuk membantu kamu mengatasi suhu panas saat musim kemarau.

1.Menghidrasi Tubuh

Suhu panas akan membuat tubuh cepat kehilangan cairan tubuh sehingga membuat tubuh dehidrasi. Oleh karena itu penting untuk tetap terhidrasi saat suhu panas. Minumlah air secukupnya dan hindari minuman berkafein atau beralkohol yang dapat menyebabkan dehidrasi. Bawa botol air saat beraktivitas di luar. Waspadai tanda-tanda dehidrasi seperti mulut kering, pusing, atau kulit kemerahan. Jika kamu merasa dehidrasi, segera minum air dan istirahat.

2.Kenakan Pakaian yang  Tepat

Selain menjaga tubuh tetap terhidrasi, bahan pakaian yang dikenakan saat musim kemarau juga penting untuk diperhatikan agar tetap nyaman saat beraktivitas. Gunakan pakaian yang longgar , ringan, dan berbahan alami seperti katun. Hindari pakaian berwarna gelap yang dapat menyerap panas.

3.Gunakan Tabir Surya

Gunakanlah sunscreen atau tabir surya untuk menghindari paparan sinar ultraviolet terutama jika kamu memiliki banyak aktivitas yang dilakukan di luar ruangan. Selain itu, hindari aktivitas fisik berat saat suhu panas sedang pada puncaknya atau saat siang hari. Gunakan topi lebar, payung, atau kacamata hitam yang dapat membantu melindungi dari paparan sinar matahari secara langsung.

4. Gunakan Pelembap Kulit

Cuaca panas dapat memicu sejumlah masalah kulit, salah satunya kulit menjadi mudah terasa kering, kulit memerah karena paparan sinar matahari, serta rasa gatal dan perih pada kulit. Untuk itu penting bagi kamu untuk menggunakan pelembap agar kelembapan kulit tetap terjaga dan mencegah iritasi.

5.Jaga Sirkulasi Udara dalam Ruangan

Cuaca panas saat musim kemarau memang gampang membuat tubuh merasa gerah sehingga penting untuk menjaga sirkulasi udara dalam ruangan agar tetap sejuk. Gunakanlah alat penyejuk udara seperti kipas angin, air cooler, atau air conditioner. Selain itu pastikan juga sirkulasi udara di dalam rumah tetap lancar dengan membuka jendela dan lubang-lubang ventilasi untuk menghindari penumpukan panas di dalam rumah.

6.Kompres Dingin

Ketika suhu panas tidak lagi tertahankan, segarkan kembali suhu tubuh dengan memberikan kompres dingin pada area tubuh tertentu. Kompres dengan menempelkan handuk yang dibasahi air dingin dapat membantu menurunkan suhu tubuh serta memberikan efek segar. Kamu juga bisa mengkonsumsi buah-buahan yang memiliki banyak kandungan air sehingga tidak hanya memberikan kesegaran tetapi juga membantu menghidrasi tubuh.

Menghadapi suhu panas saat musim kemarau memerlukan perhatian pada kesehatan dan kenyamanan. Dengan mengikuti tips di atas, kamu dapat menjaga diri tetap nyaman dan terhindar dari dampak negatif suhu panas yang berlebihan. Jangan lupa untuk selalu mengutamakan kesehatan dan menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik. (Lingkar Network | Lingkarjateng.id)

Exit mobile version