6 Cara Pakai Sunscreen yang Tepat saat Cuaca Panas

6 Cara Pakai Sunscreen yang Tepat saat Cuaca Panas

ILUSTRASI: Sunscreen. (rawpixel.com from Freepik/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan kulit, penuaan dini, dan bahkan meningkatkan risiko kanker kulit. Oleh karena itu, penggunaan sunscreen menjadi langkah penting dalam menjaga kesehatan kulit, terlebih saat cuaca panas. Namun, tidak cukup hanya mengoleskan sunscreen, cara penggunaannya juga memiliki peranan penting.

Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai cara yang tepat dalam penggunaan sunscreen agar kulitmu terlindungi dari sinar matahari.

1. Pilih Sunscreen yang Tepat

ILUSTRASI: Produk sunscreen yang memiliki SPF 50. (pikisuperstar from Freepik/Lingkarjateng.id)

Pertama-tama, pastikan kamu memilih sunscreen dengan SPF (Sun Protection Factor) yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu. SPF 30 adalah pilihan umum untuk penggunaan sehari-hari, tetapi jika kamu akan melakukan berbagai aktivitas di luar ruangan, SPF 50 atau lebih tinggi mungkin lebih cocok untukmu.

6 Langkah Menjaga Tubuh Tetap Segar Meski Cuaca Panas

2. Oleskan Secara Merata

ILUSTRASI: Mengaplikasikan sunscreen pada bagian tubuh yang terpapar sinar matahari. (Racool_studio from Freepik/Lingkarjateng.id)

Sebelum keluar rumah, pastikan kamu mengoleskan sunscreen secara merata pada seluruh area kulit yang terpapar sinar matahari. Jangan lupa bagian wajah, leher, telinga, tangan, dan kaki.

3. Gunakan Jumlah yang Cukup

ILUSTRASI: Penggunaan sunscreen. (Freepik/Lingkarjateng.id)

Penting untuk menggunakan jumlah sunscreen yang cukup agar perlindungan efektif. Para dermatologis menyarankan untuk menggunakan setidaknya dua ruas jari sunscreen untuk area wajah, leher, dan belakang telinga. Untuk area punggung, gunakan sunscreen sebanyak satu sendok teh. Untuk area kaki, gunakan sunscreen sebanyak satu hingga dua sendok teh. Untuk area lengan, gunakan sunscreen sebanyak satu sendok teh. 

Tips Efektif Mengatasi Dehidrasi di Musim Kemarau

4. Gunakan Sebelum Beraktivitas

ILUSTRASI: Berjemur, aktivitas luar ruangan yang disarankan untuk menggunakan sunscreen. (wayhomestudio from Freepik/Lingkarjateng.id)

Oleskan sunscreen minimal 15-30 menit sebelum kamu keluar rumah, agar sunscreen dapat meresap ke dalam kulit dan memberikan perlindungan yang optimal.

5. Reaplikasi Setiap Beberapa Jam

ILUSTRASI: Salah satu produk sunscreen. (Freepik/Lingkarjateng.id)

Sunscreen perlu di-reapply setiap 2-3 jam sekali, terutama jika kamu berkeringat atau terkena air, misalnya ketika kamu berenang atau berolahraga, segera oleskan lagi setelah kering.

6. Kombinasikan dengan Pelindung Lain

ILUSTRASI: Perlengkapan lain untuk melindungimu dari paparan sinar matahari. (jannoon028 from Freepik/Lingkarjateng.id)

Sunscreen sebaiknya tidak menjadi satu-satunya pelindung. Gunakan pakaian pelindung seperti topi lebar, kacamata hitam, dan pakaian berlengan panjang saat beraktivitas di luar ruangan.

Cocok untuk Cuaca Panas, Ini 7 Buah yang Bantu Penuhi Kebutuhan Air pada Tubuh

Menggunakan sunscreen dengan benar adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan kulitmu. Dengan mengikuti panduan di atas, maka kulitmu bisa terlindungi dari bahaya paparan sinar matahari. Ingatlah bahwa pencegahan lebih baik daripada pengobatan, dan perlindungan kulit yang baik akan memberikan manfaat jangka panjang untuk kesehatan kulitmu.

Perlindungan kulit dari sinar matahari juga penting untuk anak-anak. Penggunaan sunscreen pada anak-anak, sebaiknya pilih sunscreen yang dirancang khusus untuk kulit sensitif. (Lingkar Network | Lingkarjateng.id)

Exit mobile version