6 Cara Efektif Meredakan Nyeri Perut saat Haid

ILUSTRASI: Seorang perempuan mengalami nyeri perut saat haid. (Freepik/Lingkarjateng.id)

ILUSTRASI: Seorang perempuan mengalami nyeri perut saat haid. (Freepik/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Nyeri perut saat haid atau dysmenorrhea adalah masalah umum dan wajar dialami oleh banyak wanita. Kondisi ini terjadi karena otot-otot Rahim mengalami kontraksi sehingga mengakibat ketidakmampuan oksigen mencapai jaringan rahim.

Nyeri perut saat haid bisa berkisar dari ringan hingga parah dan dapat mempengaruhi kenyamanan sehari-hari. Namun, ada pula saat rasa sakit tidak kunjung menghilang sehingga perlu diperiksakan ke dokter.

Ada beberapa cara efektif untuk meredakan nyeri perut saat haid agar kamu tetap bisa menjalani rutinitas dengan nyaman. Yuk, simak tipsnya berikut ini.

1.Kompres Hangat

Saat nyeri haid terasa sangat menyakitkan cobalah mengompres dengan benda hangat. Kamu bisa menggunakan botol kaca yang diisi air hangat lalu letakkan di atas perut sebagai kompres. Hindari mengompres langsung botol panas ke perut dan gunakan kain untuk melapisi kulit.

Suhu panas dari kompres tersebut akan membantu melemaskan otot rahim yang kaku sehingga rasa sakit dapat berkurang. Langkah ini banyak dipilih sebagai cara meredakan nyeri haid di hari pertama karena efeknya bisa dirasakan secara langsung.

2.Mengonsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan yang kaya serat, rendah garam, dan rendah lemak dapat membantu mengurangi peradangan dan meredakan nyeri perut saat haid. Hindari makanan yang bisa memicu peradangan seperti makanan berlemak dan berminyak. Selain itu akan lebih baik untuk menghindari minuman yang mengandung kafein dan soda agar tidak memperparah kram perut.

3.Minum Air Hangat

Minum air hangat atau teh herbal dapat membantu melonggarkan otot-otot perut dan meredakan nyeri. Teh herbal seperti peppermint atau chamomile dapat memiliki efek menenangkan. Selain itu teh kayu manis juga bisa dicoba karena memiliki sifat anti-spasmodik yang dapat membantu mengurangi risiko rasa sakit saat haid.

4.Olahraga Ringan

Olahraga ringan seperti berjalan atau melakukan gerakan peregangan dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi ketegangan pada otot-otot perut. Sebab saat berolahraga, tubuh melepaskan endorfin yang diketahui mampu mengelola rasa nyeri saat haid. Berolahraga dapat membuat tubuh tetap aktif dan memungkinkan aliran darah mengalir dengan lancar. Jenis olahraga yang dapat dilakukan, seperti berjalan, berenang, berlari, dan sebagainya.

5.Konsumsi Suplemen

Suplemen seperti magnesium atau omega-3 dapat membantu mengurangi ketegangan otot dan peradangan yang terkait dengan nyeri haid. Namun, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen.

Vitamin D, E, B1 dan B6 dapat meredakan nyeri haid. Meskipun vitamin tersebut bisa diperoleh dari makanan sehari-hari, kamu dapat mengoptimalkannya dengan mengonsumsi suplemen tambahan. 

6. Mengendalikan Stres

Nyeri perut saat haid dapat diperparah oleh suasana pikiran yang kacau, salah satunya karena stres. Sehingga, mengendalikan stres bisa menjadi cara meredakan nyeri haid yang efektif.

Lakukan kegiatan yang dapat meningkatkan mood, seperti menonton film, membaca buku, berbelanja, atau melakukan meditasi agar pikiran menjadi lebih rileks.

Selain itu cobalah teknik pernapasan dengan menarik napas dalam-dalam dan hembuskan perlahan. Teknik pernapasan ini dikenal sebagai terapi untuk menyingkirkan stres sekaligus meringankan beban kepala.

Meredakan nyeri perut saat haid adalah langkah penting untuk menjaga kenyamanan dan produktivitas selama periode menstruasi. Cobalah berbagai tips di atas untuk menemukan cara yang paling efektif bagi Anda. Setiap tubuh berbeda, jadi penting untuk mendengarkan tubuh kamu sendiri dan mencari solusi yang paling cocok untuk kamu. (Lingkar Network | Lingkarjateng.id)

Exit mobile version