5 Tips Mudik Lebaran dengan Kendaraan Pribadi

5 Tips Mudik Lebaran dengan Kendaraan Pribadi 1

ILUSTRASI: Persiapan mudik Lebaran dengan menggunakan kendaraan pribadi. (Freepik/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Kendaraan pribadi menjadi salah satu alat transportasi yang kerap dipilih masyarakat untuk mudik Lebaran, baik itu sepeda motor atau pun mobil.

Berdasarkan hasil survei potensi pergerakan masyarakat selama Lebaran 2023, yang dilakukan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Badan Kebijakan Transportasi (BKT), diperoleh bahwa pemilihan moda transportasi didominasi moda darat.

Di mana, dari hasil survei tersebut mobil pribadi sebanyak 22,07% atau 27,32 juta orang. Sedangkan sepeda motor sebanyak 20,3% atau 25,13 juta orang.

Sehingga, mobil pribadi dan sepeda motor merupakan alat transportasi dengan angka terbanyak yang akan dipilih untuk mudik lebaran, dibandingkan dengan bus, kereta api antarkota, dan mobil sewa.

Nah, bagi Anda yang berniat akan mudik Lebaran tahun ini menggunakan kendaraan pribadi baik itu sepeda motor atau mobil, ada beberapa tips bermanfaat yang bisa Anda simak. Apa saja?.

1. Tidak bawa barang berlebihan

Tips mudik lebaran yang pertama adalah Anda tidak disarankan untuk membawa barang berlebihan. Terlebih, bagi Anda yang memilih menggunakan sepeda motor saat mudik. Hal ini karena, jika barang bawaan Anda melebihi muatan kendaraan, maka bisa berisiko bagi keamanan perjalanan Anda.

Bagitu juga jika Anda memilih menggunakan mobil pribadi. Alangkah lebih baik agar membawa barang seperlunya saja, agar perjalanan mudik Anda tetap aman dan nyaman.

2. Bawa bekal sendiri

Tips mudik Lebaran yang kedua adalah bawa bekal sendiri. Membawa bekal sendiri bisa menghemat pengeluaran Anda. Selain itu, membawa bekal sendiri juga lebih higienis karena terjamin kesehatannya.

Apalagi jika Anda memilih makan di restoran atau pun rumah makan yang berada di rest area, harganya sering kali lebih mahal. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda membawa bekal dari rumah. Pastikan juga makanan yang Anda bawa tahan lama selama perjalanan mudik, ya.

3. Periksa kesehatan

Tips mudik Lebaran yang ketiga adalah Anda disarankan untuk memeriksakan kesehatan ke dokter, terlebih jika Anda sebagai pengemudi dan menderita penyakit tertentu.

Sebaiknya siapkan juga obat-obatan pribadi yang Anda butuhkan selama perjalanan mudik. Bagi pengemudi, disarankan untuk mengurangi makanan tinggi kalori dan lemak. Hal ini bertujuan agar selama perjalanan, stamina Anda tetap terjaga.

4. Istirahat

Tips mudik Lebaran yang keempat adalah pengemudi disarakan untuk istirahat setelah mengemudi selama 4 jam perjalanan.

Menurut Kemenkes, bila seseorang telah mengemudikan kendaraan lebih dari 4 jam, maka akan terjadi penurunan kesigapan tubuh maupun respon tubuh. Sehingga, rawan terjadi kecelakaan.

Oleh karena itu, Anda bisa mencari tempat istirahat atau rest area. Akan lebih baik jika bisa istirahat atau tidur selama 15-30 menit. Begitu juga untuk pengemudi motor, ya. Istirahatlah setiap 2 jam. Lakukan peregangan agar tubuh Anda kembali segar.

5. Periksa kelayakan kendaraan

Tips mudik Lebaran yang terakhir adalah memeriksa kelayakan kendaraan. Saat menyiapkan kendaraan sebelum mudik, Anda disarankan tidak hanya mengganti pelumas saja. Namun, Anda juga perlu memperhatikan sistem pendingin pada kendaraan, komponen pengereman, dan ban.

Nah, berbicara mengenai kelayakan kendaraan, Anda bisa mengakses informasi terbaru dan lagi viral seputar kendaraan atau otomotif di website Lagi-Viral.com.

Tak hanya tentang otomotif, Anda juga akan disajikan informasi viral tentang bisnis, olahraga, teknologi, kesehatan, pendidikan, life style dan masih banyak lagi info-info viral yang bisa Anda temukan di Lagi-Viral.com (Lingkar Network | Lingkarjateng.id)

Exit mobile version