5 Tips Hasilkan Foto Estetik Hanya dengan Kamera Ponsel

ILUSTRASI: Ilustrasi seseorang memotret dengan ponsel. (Freepik/Lingkarjateng.id)

ILUSTRASI: Ilustrasi seseorang memotret dengan ponsel. (Freepik/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Foto merupakan cara mengenang kembali momen-momen yang pernah dialami bersama teman, kerabat, kekasih, dan  keluarga. Beruntung, teknologi masa kini semakin memudahkan kita untuk mengambil momen-momen spesial tersebut hanya dengan kamera ponsel.

Yup, kamu tidak memerlukan kamera DSLR seperti seorang fotografer profesional untuk mendapatkan hasil jepretan yang memukau hanya dengan menggunakan kamera ponsel. Agar mendapatkan hasil foto yang estetik dengan kamera ponsel, kamu perlu mengetahui trik-triknya.

Yuk, intip tips mendapatkan foto estetik dengan kamera ponsel ala jurnalis foto, Beawiharta di bawah ini:

1. Perlakukan Ponsel sebagai Kamera

Tips menghasilkan foto estetik dengan kamera ponsel menurut Beawiharta adalah dengan memperlakukan ponsel layaknya kamera. Dalam kata lain, kamu perlu menguasai teknis kamera sebelum mengambil foto. Misalnya, pastikan mengetahui lensa apa saja yang disediakan dan menggunakan lensa itu sesuai fungsinya.

2. Gunakan Gridline Sebagai Panduan

Tips selanjutnya untuk mendapatkan foto estetik yaitu memanfaatkan gridline atau garis horizontal dan vertikal yang ada di layar ponsel. Gridline berfungsi untuk memandu menempatkan objek yang akan difoto.

Ketidaknyamanan saat melihat hasil foto mungkin disebabkan penempatan objek tidak tepat pada fokus yang diinginkan. Misalnya, memotret pohon, namun, miring. Hasil foto bisa saja tidak bagus karena pohon dalam kehidupan sehari-hari berbentuk vertikal. Agar objek sesuai dengan gridline, fotografer perlu menyesuaikan posisi pengambilan gambar, termasuk mengubah posisi ponsel.

3. Observasi sebelum Memotret

Ritual yang tidak kalah penting sebelum memotret adalah melakukan observasi keadaan di sekitar supaya bisa menentukan sudut terbaik pengambilan foto. Misalnya, ketika objek dirasa terlalu jauh, fotografer bisa mendekat maju. Observasi juga penting untuk mengurangi objek-objek yang tidak diinginkan yang tidak perlu masuk ke dalam bingkai.

4. Gunakan Mode Pro atau Potret

Untuk hasil foto estetik terbaik, gunakan mode pro atau potret supaya hasil foto menjadi lebih tajam. Mode pro pada kamera ponsel memberikan opsi pengaturan lebih banyak untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Misalnya pengaturan ISO, kecepatan shutter dan lain sebagainya.

5. Mengefektifkan Tampilan Visual

Selanjutnya, foto estetik bisa kamu dapatkan dengan mengefektifkan tampilan visual dengan memerhatikan komposisi objek utama dan objek di sekitarnya. Komposisi adalah hal penting dalam fotografi untuk membuat tampilan menjadi efektif dan enak dilihat. Tidak semua hal harus masuk ke dalam bingkai agar tampilan visual efektif. Jika perlu, ambil dua foto berbeda untuk menonjolkan objek yang difoto. Salah satunya dengan menerapkan rule of third. Komposisi ini membagi objek dalam 9  bidang dengan ukuran yang sama besar sehingga mampu memberikan gambar dengan hasil yang simetris. (Lingkar Network | Anta – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version