5 Tips Cara Belajar Efektif Agar Mudah Menguasai Materi

ILUSTRASI: Seorang Perempuan sedang mengulang materi pembelajaran. (mindandi from Freepik/Lingkarjateng.id)

ILUSTRASI: Seorang Perempuan sedang mengulang materi pembelajaran. (mindandi from Freepik/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Kemampuan belajar setiap individu berbeda-beda sehingga untuk mencapai pembelajaran yang efektif memerlukan strategi yang tepat. Cara belajar efektif dapat memudahkan individu memahami dan menguasai materi.

Sebenarnya, proses belajar efektif tidak melulu dengan membaca buku. Individu bisa menciptakan cara belajar efektif sesuai kebutuhan dan tujuan dan dapat memanfaatkan platform apa saja untuk mengasah kecerdasan otak. Jika kamu masih bingung dengan gaya dan cara belajar yang cocok, tips di bawah ini bisa dicoba loh.

1. Temukan Cara Belajar Versi Kamu

Cara belajar efektif adalah ketika kamu memiliki cara belajar yang cocok dan pas sesuai kebutuhan yang diinginkan. Misalnya, sebagian orang ada yang merasa lebih mudah mencerna materi jika menonton video tutorial. Ada pula yang harus belajar di tempat yang sepi dan jauh dari segala hal yang bisa mendistraksi konsertasi. Lalu Sebagian orang juga mungkin lebih paham materi yang dipelajari jika diterangkan oleh orang tertentu. Jika sudah menemukan cara belajar yang sesuai dengan gaya kamu, terapkan dalam rutinitas belajar.  

2. Mengelompokkan Materi

Agar belajar lebih efektif, kamu perlu mengelompokkan materi untuk memudahkan materi hafalan. Dengan mengelompokkan materi, kamu tidak akan mencampur aduk materi yang berbeda bahkan. Misalnya dalam materi Biologi, kamu bisa mengelompokkan flora dan fauna dalam tabel yang berbeda dan menuliskan keterangan wilayahnya. Hal yang sama bisa kamu terapakan untuk materi-materi yang memang perlu dihafal.

3. Pengulangan Berkala

Mengulang materi secara berkala dapat meningkatkan kemampuan memori mengingat materi yang pernah dibaca, didengar, dan dikerjakan. Kunci belajar efektif adalah konsisten, repetitif, namun tidak perlu lama-lama. Mengulang materi secara berkala juga jauh lebih efektif ketimbang belajar dengan system kebut semalam.

4. Membuat Catatan Kreatif

Salah satu cara belajar efektif adalah dengan membuat catatan yang kreatif. Buat catatan kreatif dengan fokus pada kata kunci. Kamu bisa membuat rangkuman ringkas per materi, membuat mind map, maupun catatan-catatan kecil di materi yang susah dipahami. Agar lebih menarik, kamu bisa memanfaatkan kertas post it untuk memberi variasi.

5. Diskusi

Belajar kelompok bisa menjadi cara belajar efektif karena dalam prosesnya anggota kelompok akan saling berdiskusi terkait materi-materi yang susah dipahami, dan mereka akan saling melengkapi pemahaman materi satu sama lain. Dalam forum diskusi ini pula dapat memunculkan berbagai masukan, saran, bahkan ide-ide baru. Selain itu belajar secara berkelompok juga melatih individu untuk saling bekerja sama, dimana hal ini juga sangat dibutuhkan dalam menghadapi kehidupan nyata nanntinya.

Nah, demikian lima tips cara belajar efektif yang bisa kamu coba. Manfaatkan waktu dan media dengan bijak untuk menunjang proses belajar yang maksimal. (Lingkar Network |Lingkarjateng.id)

Exit mobile version