5 Rekomendasi Gunung di Jawa Tengah untuk Pendaki Pemula

POTRET: Pemandangan dari puncak Gunung Merbabu. (Instagram @Khaerudinm/Lingkarjateng.id)

POTRET: Pemandangan dari puncak Gunung Merbabu. (Instagram @Khaerudinm/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Siapa yang tidak ingin mencoba menjelajah alam? Menikmati indahnya matahari terbit dan panorama yang asri dari puncak gunung menjadi daya tarik sendiri bagi tiap pendaki. Namun sayangnya, para pendaki pemula seringkali bingung menentukan gunung mana yang akan dituju.

Ada banyak gunung indah di Jawa Tengah yang dapat ditaklukan, tapi tidak semua dapat ditempuh oleh seorang pemula. Biasanya, gunung yang cocok ditempuh pendaki pemula yakni memiliki ketinggian berkisar antara 1.000 hingga 2.000 meter dari permukaan laut (mdpl). Selain itu, medan yang tidak terlalu terjal juga menjadi pertimbangan.

Berikut Lingkarjateng.id rangkumkan 5 rekomendasi gunung di Jawa Tengah untuk pendaki pemula berikut ini:

1. Gunung Andong

Gunung Andong memiliki ketinggian 1.726 mdpl, terletak di antara Desa Ngablak dan Tlogorjo, Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Gunung ini menawarkan sensai pendakian yang istimewa, mulai dari jalur yang tidak terlalu terjal, waktu tempuh singkat atau kurang lebih 1-3 jam.

Ketika di puncak, hanya dengan memutar 360 derajat, pendaki sudah bisa melihat keindahan puncak Gunung Merbabu, Merbabu, Sindoro, Sumbing, Prau, Ungaran, dan Telemoyo.

Bagi para traveler, Gunung Andong dapat ditempuh dari 3 jalur, yaitu rute dari selatan (Yogyakarta, Ketep Magelang, dan Purworejo), rute utara Magelang (Semarang, Salatiga, Ungaran, Boyolali, Solo), dan rute dari barat (Grabag, Wonosobo, Secang, Temanggung, dan Parakan).

2. Gunung Prau

Gunung Prau masuk dalam wilayah Kabupaten Batang, Kendal, Temanggung, dan Wonosobo dengan ketinggian 2.590 mdpl. Gunung ini sangat cocok bagi para pemula, karena lama pendakian Prau tidak sampai 5 jam. Meskipun demikian, lama tempuh pendakian tergantung pada panjang jalur dan kondisi fisik pendaki. Sehingga bisa jadi pendaki menempuh lebih cepat atau lama dari estimasi waktu yang diinginkan.

Keunggulan lain adalah jalur pendakian dekat dengan puncak dan landai, sebab mayoritas lebih pada tanah yang berundak. Hal ini cukup aman untuk dilalui pendaki. Di Gunung Prau via Wates  juga tersedia ojek menuju Pos 1.

Adapun jalur pendakian Gunung Prau yakni via Dieng, Patak Banteng, Kalilembu, Igirmanik, Dwarawati, dan Wates.

3. Gunung Ungaran

Gunung ini terletak di antara Kota Ambarawa, Kota Semarang, Kota Ungaran, Candi Songo, dan Laut Jawa. Gunung Ungaran terkenal sebagai kawasan ramah pendakian sebab ketinggiannya mencapai 2.050 mdpl dengan tiga puncak, yakni Botak, Gendol, dan Ungaran.

Terdapat beberapa jalur yang bisa ditempuh menuju puncak Ungaran, yakni via Karangtengah, via Cepit, via Gua Lawa, via Kopeng, dan via Kaliangkrik.

Bagi pemula, via Cepit cukup popular karena jalur pendakiannya relatif lebih mudah dibandingkan lainnya yang lebih curam. Jalur ini pun lebih sepi dengan hamparan perkebunan teh, sawah, dan pegunungan berjajar dengan waktu tempuh sekitar 3-4 jam tergantung kondisi fisik. Selain itu, akses dapat dilalui dengan mudah dari Kota Semarang.

4. Gunung Telemoyo

Telemoyo sendiri berdampingan dengan Gunung Andong di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah dengan tinggi 1.726 mdpl. Gunung Telemoyo sangat ramah bagi pemula, karena jalur pendakiannya tidak telalu ekstrem dan hanya membutuhkan sekitar 2-3 jam untuk mencapai puncak. Bahkan pada ketinggian 1.561 mdpl, terdapat wisata bernama Awang-awang Sky View yang bisa didagi menggunakan motor atau jeep.

5. Gunung Merbabu

Meski memiliki ketinggian 3.142 mdpl, namun karakteristik jalur pendakian Gunung Merbabu tidak terlalu ekstrim. Terutama bagi pendaki yang melewati jalur Wates dan Selo sehingga masih cocok untuk pendaki pemula.

Gunung Merbabu secara administratif terletak di wilayah Kabupaten Magelang di lereng sebelah barat, kemudian sebelah timur Kabupaten Boyolali, dan sebelah utara Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang.

Terdapat 3 puncak utama, yaitu Puncak Triangulasi, Puncak Syarif, dan Puncak Kenteng Songo yang merupakan puncak tertinggi Gunung Merbabu. Untuk mencapai puncak banyak jalur yang bisa dilalui, salah satunya via Wates yang merupakan trek dengan jalur pendakian tercepat menuju puncak.

Itulah 5 rekomendasi gunung di Jawa Tengah yang cocok untuk pendaki pemula. Namun perlu diingat, dibalik keindahan dan kecantikan gunung sendiri, setiap pendaki harus siap dengan segala peralatan dan mematuhi setiap tata krama yang berlaku. Dan lebih penting, jangan jadikan gunung sebagai tempat sampah. (Lingkar Network | Lingkarjateng.id)

Exit mobile version