5 Makanan dan Minuman yang Bisa Tingkatkan Suasana Hati

ILUSTRASI: Aneka buah-buahan yang bisa membantu tingkatkan suasana hati. (Freepik @lifeforstock/Lingkarjateng.id)

ILUSTRASI: Aneka buah-buahan yang bisa membantu tingkatkan suasana hati. (Freepik @lifeforstock/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Menjalani rutinitas harian kadang terasa sangat menjemukan hingga membuat semangat menurun. Saat semangan menurun tentu akan mengganggu produktivitas dan efektivitas kerja. Oleh sebab itu kita memerlukan sesuatu yang bisa membangkitkan suasana hati.

Ternyata, untuk membangkitkan suasana hati bisa dilakukan dengan konsumsi makanan sehat. Jika biasanya makanan manis kerap menjadi mood booster, cobalah jenis makanan sehat sebagai gantinya.

Berikut ini beberapa rekomendasi makanan untuk megembalikan suasana hati menjadi lebih baik:

1.Dark Chocolate

Cokelat adalah salah satu makanan yang paling banyak dipilih untuk meningkatkan suasana hati. Faktanya, kandungan kafein, theobromine dan N-acylethanolamine sering dikaitkan dengan peningkatan suasana hati. Selain itu kandungan flavonoid yang tinggi pada dark chocolate bisa membantu meningkatkan aliran darah ke otak, pun dengan aroma dari cokelat bisa diyakini bisa membuat orang lebih bahagia.

2.Makanan yang mengandung Omega 3

Omega 3 bisa kita dapatkan dari konsumsi ikan, misalnya salmon dan tuna. Omega 3 diketahui berperan penting dalam perkembangan sel otak dan bisa membantu menurunkan risiko seseorang mengidap depresi. Konsumsi boga bahari ini juga baik dikonsumsi bagi orang yang sedang menjalankan diet.

3.Buah berry

Segarnya buah-buahan jenis beri seperti stroberi dan blueberi memiliki antioksidan tinggi dan sering dikaitkan dapat membantu mencegah depresi secara umum. Antioksidan pada buah beri bisa mencegah peradangan dalam tubuh yang mempengaruhi suasana hati.

4.Kopi

Kopi selain menjadi andalan ketika merasa mengantuk ternyata bisa memberikan pengaruh positif pada suasana hati. Kandungan kafein pada kopi bisa membantu melepaskan dopamine dan norepinefrin dalam tubuh sehingga bisa meningkatkan semangat. Meski demikian, konsumsi kopi secara berlebihan bisa berakibat buruk pada kesehatan karena bisa menimbukan gangguan kecemasan.

5.Yoghurt

Yoghurt merupakan makanan hasil fermentasi susu. Proses fermentasi ini susu akan memiliki bakteri yang akan mengubah gula menjadi alcohol dan asam. Makanan hasil fermentasi ini akan mendukung bakteri baik di dalam usus sehingga membantu mempermudah pencernaan makanan dan memproduksi serotonin. Selain yoghurt, kamu juga bisa mencoba makanan fermentasi untuk meningkatkan suasana hati seperti asinan, roti, dan tempe.  (Lingkar Network | Lingkarjateng.id)

Exit mobile version