5 Cara Ampuh Membersihkan Noda Pada Baju Putih

ILUSTRASI: Baju putih terkena noda anggur. (Pixabay/Lingkarjateng.id)

ILUSTRASI: Baju putih terkena noda anggur. (Pixabay/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Setiap orang setidaknya punya minimal satu potong baju putih di lemari. Warna netral ini juga menjadi alasan baju putih menjadi pilihan karena bisa dipadupadankan dengan warna apa saja. Namun tak dapat dimungkiri baju berwarna putih membutuhkan perawatan ekstra.

Ada rasa was-was ketika mengenakan baju putih. Kekhawatiran ini bukan tanpa alasan sebab sekali terkena noda bisa membekas lama jika tidak dibersihkan dengan benar.

Selain itu ketika sudah berusia lama, noda-noda kuning bisa saja muncul pada baju putih yang disebabkan oleh banyak hal. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara membersihkan noda pada baju putih dengan benar dan tepat.

1. Bersihkan Noda Sesegera Mungkin

Semakin cepat membersihkan noda pada baju putih, semakin mudah noda tersebut untuk dihilangkan. Sebab, semakin lama noda dibiarkan maka semakin sulit untuk membersihkannya. Namun sebelum bertindak, kamu harus mengetahui jenis noda apakah itu minyak atau noda lainnya.

2. Kenali Jenis Noda

Ada berbagai jenis noda yang dapat menempel pada baju putih. Setiap jenis noda memiliki cara pembersihan yang berbeda. Misalnya untuk noda darah, gunakan air dingin dan sabun cuci piring untuk membersihkannya lalu gosok pada bagian noda dengan lembut hingga hilang.

Sementara untuk noda minyak sebaiknya tidak langsung dikucek dengan air. Gunakan tisu maupun kertas untuk menyerap noda minyak. Setelah itu gunakan sabun cair pada noda tersebut dan kucek dengan lembut hingga noda hilang.

3. Gunakan Deterjen yang Tepat

Membersihkan noda pada baju putih memang gampang-gampang susah. Gunakan deterjen yang sesuai dengan jenis noda yang akan bersihkan. Detergen yang mengandung pemutih dapat digunakan untuk membersihkan noda yang membandel. Namun, hati-hatilah dalam menggunakan pemutih, karena dapat merusak bahan kain.

4. Gunakan Pemutih dan Pembersih Noda Spesifik

Untuk menghilangkan noda kuning pada baju putih adalah mencampurkan deterjen dengan pemutih yang memiliki kandungan hidrogen peroksida. Mencampurkan kedua bahan ini akan meluruhkan noda bandel yang ada di baju putih, jika dikucek dengan benar. Kamu juga bisa menggunakan pembersih noda yang dirancang khusus untuk jenis noda tertentu seperti tinta, cat, atau lipstik. Ikuti petunjuk pada label pembersih.

5. Keringkan Baju dengan Benar

Jemur baju dengan benar agar noda tidak kembali. Jangan menjemur baju putih di bawah sinar matahari langsung, karena dapat membuat noda menjadi permanen.

Ingatlah untuk selalu membaca petunjuk perawatan pada label pakaian dan produk pembersih yang digunakan. Dengan perawatan yang tepat, warna pada baju putih bisa lebih awet. (Lingkar Network | Lingkarjateng.id)

Exit mobile version