4 Cara Ampuh Mengusir Semut Tanpa Dibunuh

ILUSTRASI: Semut di atas gula. (RHJ from istockphoto/Lingkarjateng.id)

ILUSTRASI: Semut di atas gula. (RHJ from istockphoto/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Area dapur kerap sekali ditemukan gerombolan semut karena mungkin ada ceceran gula atau makanan. Meskipun semut merupakan serangga berukuran kecil, namun keberadaan semut kerap dianggap mengganggu karena bisa merusak fasilitas dan barang-barang di rumah termasuk makanan.

Semut bisa muncul di berbagai tempat dan datang bukan karena ada sisa makanan saja, terkadang semut juga muncul dari sarangnya kemudian menyebar ke lantai hingga dinding. Nah, untuk menghindari atau mengusir semut ternyata bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah tanpa membunuhnya.

1. Membersihkan Jalur Semut dan Membuat Garis Pembatas

Semut selalu tertarik ke tempat yang terdapat makanan atau sumber air. Oleh karena itu, bersihkan area yang sering dilalui semut, seperti dapur, meja makan, dan kamar mandi. Selanjutnya, gunakan bahan alami yang tidak disukai semut untuk membuat garis di sekitar area-area yang mungkin menjadi jalur lewat koloni semut. Gunakan bubuk kayu manis, cabai, atau kopi untuk membuat garis pengusir semut.

2. Kapur Barus untuk Mengusir Semut di Lemari

Semut sering ditemukan di tempat-tempat tersembunyi seperti lemari pakaian. Untuk mengusir semut di lemari kamu membutuhkan pewangi lemari, misalnya kapur barus. Aroma kapur barus yang wangi tidak disukai oleh semut sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengusir semut tanpa harus membunuhnya. Letakkan kapur barus di tempat-tempat yang sering dilalui semut.

3. Gunakan Tanaman Pengusir Semut

Tanaman yang memiliki aroma harum ternyata bisa menjadi alat untuk mengusir semut, loh. Tanaman pengusir semut memang cenderung memiliki bau yang kuat sehingga aromanya tidak hanya bisa mengusir semut tetapi sekaligus mengharumkan ruangan. Misalnya lavender. Bunga lavender bisa ditanam di dalam ruangan selama mendapatkan banyak cahaya. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan bunga marigold, serai, atau mint.

4. Larutan Air dan Lemon

Gunakan larutan air buah lemon untuk menyemprot semut. Semut tidak suka dengan asam sitrat pada air buah lemon, jadi kamu  juga bisa menggunakan larutan ini sebagai penangkal semut dengan menyemprotkannya di sekeliling rumah atau area-area yang sering dilewati semut. Campurkan satu bagian air buah lemon dengan 3 bagian air dan gunakan sebagai larutan semprot multifungsi

Mengusir semut tanpa membunuh mereka adalah pilihan yang lebih baik untuk lingkungan dan keanekaragaman hayati. Dengan menggunakan metode-metode di atas, kamu dapat menjaga rumah bebas dari semut tanpa harus merusak lingkungan sekitar. (Lingkar Network | Lingkarjateng.id)

Exit mobile version