• Box Redaksi
  • Kontak & Info Iklan
  • Disclaimer
  • Kebijakan Privasi
  • Pedoman Media Siber
  • Kontak Developer
Sabtu, Mei 10, 2025
lingkarjateng.id
  • BERANDA
  • REGIONAL
    • Pati Hari Ini
    • Kudus Hari Ini
    • Rembang Hari Ini
    • Blora Hari Ini
    • Demak Hari Ini
    • Jepara Hari Ini
    • Kendal Hari Ini
    • Grobogan Hari Ini
    • Semarang Hari Ini
    • Batang Hari Ini
    • Salatiga Hari Ini
    • Pekalongan Hari Ini
  • POLITIK
  • PERISTIWA
  • ARTIKEL
    • Wisata
    • Guru Menulis
    • Inspiratif
    • Keagamaan
    • Opini
No Result
View All Result
  • BERANDA
  • REGIONAL
    • Pati Hari Ini
    • Kudus Hari Ini
    • Rembang Hari Ini
    • Blora Hari Ini
    • Demak Hari Ini
    • Jepara Hari Ini
    • Kendal Hari Ini
    • Grobogan Hari Ini
    • Semarang Hari Ini
    • Batang Hari Ini
    • Salatiga Hari Ini
    • Pekalongan Hari Ini
  • POLITIK
  • PERISTIWA
  • ARTIKEL
    • Wisata
    • Guru Menulis
    • Inspiratif
    • Keagamaan
    • Opini
No Result
View All Result
lingkarjateng.id
No Result
View All Result
Home Artikel

Strategi Bermain Stick Angka, Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Peserta Didik

Ulfa Puspa by Ulfa Puspa
Selasa, 25-Jul-2023
in Artikel, Guru Menulis
POTRET: Guru TK Pertiwi VII Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Rupi’ah, S.Pd. (Istimewa/Lingkarjateng.id)

POTRET: Guru TK Pertiwi VII Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Rupi’ah, S.Pd. (Istimewa/Lingkarjateng.id)

990
VIEWS
Bagikan di WhatsAppBagikan di FacebookBagikan di Twitter

*Oleh: Rupi’ah, S.Pd.,  Guru TK Pertiwi VII Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati

LAMBANG bilangan merupakan visualisai dari berbagai konsep bilangan. Sedangkan salah satu konsep matematika yang paling penting dipelajari anak adalah pengembangan kepekaan bilangan. Peka terhadap bilangan berarti tidak sekedar menghitung. Kepekaan bilangan itu mencakup pengembangan rasa kuantitas dan pemahaman kesesuaian satu lawan satu. Ketika kepekaan terhadap bilangan anak-anak berkembang, mereka menjadi semakin tertarik pada hitung menghitung. 

Dalam penulisan lambang bilangan kita pilih lambang bilangan-bilangan tertentu dan aturan-aturan tertentu untuk menggabungkan lambang bilangan, sehingga dengan aturan tertentu kita dapat menggunakan lambang bilangan tertentu untuk menuliskan setiap bilangan.  Menurut teori Gestalt dalam buku Psikologi Pembelajaran Matematika (2012:31) menyatakan bahwa penguasaan akan diperoleh apabila ada prasyarat dan latian hafal  atau drill yang diulang-ulang sehingga tidak mengherankan jika ada topik-topik ditata secara urut seperti perkalian bilangan cacah kurang dari sepuluh.

5-Rekomendasi-Cafe-di-Kudus-yang-Cocok-untuk-Meet-Up

10+ Rekomendasi Cafe di Kudus yang Cocok untuk Meet Up

24 April 2025
5-Rekomendasi-Objek-Wisata-Religi-di-Magelang

10+ Rekomendasi Objek Wisata Religi di Magelang

24 April 2025

Anak usia TK adalah masa yang sangat strategi untuk mengenalkan berhitung di jalur matematika, karena usia lingkungan. Rasa ingin tahunya yang tinggi akan tersalurkan apabila mendapat stimulasi / rangsangan / motivasi yang sesuai dengan tugas perkembangannya. Apabila kegiatan berhitung diberikan melalui berbagai macam permainan tentunya akan lebih efektif karena bermain merupakan wahana belajar dan bekerja bagi anak.Berhitung adalah usaha melakukan, mengerjakan hitungan seperti menjumlah, mengurangi serta memanipulasi bilangan-bilangan dan lambang-lambang matematika, sedangkan untuk mengetahui tingkat kemampuan berhitung siswa digunakan metode tes. Metode tes menurut Nazir (2005: 64-68) adalah serentetan pertanyan atau latihan atau alat lain yang digunakan pada lingkup perkembangan. Metode tes adalah termasuk metode non eksperimental.

Anggani Sudono (2000:1) bermain adalah kegiatan yang mereka lakukan sepanjang hari karena bagi anak bermain adalah hidup dan hidup adalah bermain. Anak usia dini tidak membedakan antara bermain, belajar, dan bekerja. Anak-anak umumnya sangat menikmati permainan dan akan terus melakukannya dimanapun mereka memiliki kesempatan. Mayesty (2000:196-19). Memandang kegiatan bermain sebagai sarana sosialisasi dimana diharapkan melalui bermain dapat memberikan kesepakatan anak bereksplorasi, menemukan, mengekspresikan perasaan, dan belajar secara menyenangkan. 

Berbagai macam stick untuk anak usia dini menurut Montolalu (2008:7.30) adalah: (a). Stick Angka. Stick yang di dalamnya terdapat lambang bilangan 1 sampai 10 yang digunakan untuk mengenalkan serta membilang angka 1 sampai 10. (b). Stick Gambar. Stick yang dalamnya terdapat angka serta gambar yang jumlahnya sesuai dengan angka dalam stick tersebut sehingga anak dapat mengenal konsep angka melalui jumlah gambar yang ada pada stick.  (c). Stick Nama Angka. Stick yang di dalamnya tertulis nama bilangan saja sehingga anak dapat belajar menulis nama bilangan. (d). Stick Majemuk. Stick yang di dalamnya terdapat lambang bilangan angka 1 sampai 10, gambar yang jumlahnya sesuai dengan angka dan nama bilangan.

Dalam penelitian ini peneliti menggunakan media stick angka dalam kegiatan membilang angka 1 -10 sehingga anak dapat dengan mudah mengenal, menyebutkan, mengurutkan dan menulis angka 1-10.   Tujuan dari penggunaan stick angka adalah: (a). Untuk membantu anak mengenal konsep angka 1 sampai 10. (b). Untuk membantu anak dalam memahami angka 1 sampai 10. (c). Menumbuhkan minat anak belajar membilang angka 1 sampai 10. d). Agar proses pembelajaran dan mencapai tujuan yang diinginkan.

Berdasarkan nilai kemapuan kondisi awal dan siklus I, kemudian Siklus II peneliti dapat mengetahui tingkat keberhasilan peserta didik  dalam perbaikan bahwa  peserta didik dengan kemampuan (o)terdapat penurunan jumlah peserta didik, yang tadinya  10 peserta didik pada kondisi awal,  berkurang menjadi 5 peserta didik pada siklus I dan tinggal 1 peserta didik pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat 9 peserta didik sudah mengalami kemajuan dengan kemampuan cukup dan mampu pada kurun waktu kondisi awal  ke siklus 2. Banyaknya peserta didik yang berkemampuan cukup juga meningkat, pada kondisi awal terdapat 7 peserta didik, meningkat menjadi 11 peserta didik pada siklus 1, dan menjadi 11 peserta diik pada siklus 2. Menunjukkan ada peningkatan 7 peserta didik dari belum tercapai menjadi tercapai. Peserta didik yang mampu juga mengalami peningkatan, pada kondisi awal terdapat 2 peserta didik, meningkat menjadi 3 peserta didil pada siklus 1, dan meningkat lagi menjadi 7 peserta didik pada siklus 2. Menunjukkan ada peningkatan 5 peserta didik pada kemampuan  tercapai.

Penelitian yang dilaksanakan pada kelompok B TK Pertiwi VII desa Pekuwon Kecamatan Juwana Kabupaten Pati melalui strategi bermain stick angka berhasil melampaui tingkat ketercapaian yaitu 94,7%.

Tags: ArtikelGuru menulispendidikan pati
Previous Post

Sempat Viral, Ini Potret Terbaru Raeni Anak Tukang Becak Alumni Terbaik UNNES

Next Post

Di Balik Sukses Pawai Kirab ke-1 Napak Tilas Ki Ageng Penjawi Kebangkitan Pati

Post Terkait

Monumen Bandeng Pati
Artikel

9 Wisata Religi di Kabupaten Pati

by Jazilatul Khofshoh
24 April 2025

PATI – Terkenal dengan semboyan Pati Bumi Mina Tani, Kabupaten Pati menjadi surga destinasi wisata yang patut untuk dikunjungi. Berikut...

Read moreDetails
5-Rekomendasi-Objek-Wisata-Religi-di-Demak

10 Rekomendasi Objek Wisata Religi di Demak

24 April 2025
Tugu Bandeng Pati (Dok. Instagram @kota_pati/Lingkarjateng.id)

20+ Rekomendasi Tempat Nongkrong Viral di Pati

24 April 2025
ILUSTRASI: Sejumlah siswa sekolah menengah mengerjakan tugas kelompok. (Lingkarjateng.id)

Tips Memilih SMA Berstandar Internasional untuk Masa Depan Anak Lebih Cerah

24 April 2025
Jam tangan Expedition seri E6402 untuk pria. (Dok. Expedition/Lingkarjateng.id)

Ini 5 Cara Mengetahui Jam Tangan Expedition Asli atau Palsu

2 Maret 2025
Load More

BERITA TRENDING

Kepala Bapenda Kendal, Abdul Wahab. (Arvian Maulana/Lingkarjateng.id)
Kendal Hari Ini

Usaha Kos-kosan di Kendal Akan Dikenakan Pajak 10 Persen Per Pintu

by Rosyid
8 Mei 2025

KENDAL, Lingkarjateng.id - Mulai tahun 2025 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal akan menarik pajak atas usaha kos-kosan sebesar 10 persen...

Read moreDetails
Petugas DLH Kendal saat menutup depo sampah di Kecamatan Kaliwungu pada Kamis, 8 Mei 2025. (Arvian Maulana/Lingkarjateng.id)

Depo Sampah di Kaliwungu Kendal Resmi Ditutup, Warga Diminta Buang ke TPA Darupono

8 Mei 2025
Suasana pengambilan sumpah/janji jabatan dan pelantikan Pejabat Adminstrator dan Pengawas di lingkungan Pemkab Pati, pada Kamis, 8 Mei 2025. (Mutia Parasti)

Bupati Sudewo Rotasi 90 Pejabat di Pemkab Pati

8 Mei 2025

BERITA POPULER

  • Kepala Bapenda Kendal, Abdul Wahab. (Arvian Maulana/Lingkarjateng.id)

    Usaha Kos-kosan di Kendal Akan Dikenakan Pajak 10 Persen Per Pintu

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Bupati Sudewo Nyatakan Siap Sambut Jika Undip Buka Kampus Cabang di Pati

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Depo Sampah di Kaliwungu Kendal Resmi Ditutup, Warga Diminta Buang ke TPA Darupono

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

Post Terbaru

Bupati Pati, Sudewo. (Setyo Nugroho/Lingkarjateng.id)

Bupati Pati Minta Polisi Tindak Tegas Pelaku Tawuran Antar SMK

9 Mei 2025
Kantor Disdik Blora. (Eko Wicaksono/Lingkarjateng.id)

Disdik Blora Larang Sekolah Pungut Biaya Wisuda Kelulusan

9 Mei 2025
Bupati dan Wakil Bupati Jepara, Witiarso Utomo dan M. Ibnu Hajar, saat menengok UMKM di Desa Parang, Kecamatan Karimunjawa, dalam program "Bupati Ngantro di Desa" pada Jumat, 9 Mei 2025. (Muhammad Aminudin/Lingkarjateng.id)

Bupati Jepara Akan Hibahkan Kapal Multifungsi untuk Desa Parang Karimunjawa

9 Mei 2025
Korban tawuran antar pelajar SMK di Jalan Pati-Gembong tengah menjalani perawatan medis di RS Mitra Bangsa Pati, Jumat, 9 Mei 2025. (Setyo Nugroho/Lingkarjateng.id)

Korban Tawuran Pelajar SMK di Pati Harus Dirujuk ke RS Lebih Canggih

9 Mei 2025
lingkarjateng.id

Lingkarjateng.id adalah media online yang menerbitkan berita terbaru dan teraktual di wilayah Jawa Tengah, berita yang kami terbitkan padat mendalam dan terpercaya, meliputi info wilayah Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kabupaten Kudus, Kabupaten Demak, Kabupaten Kendal, Kabupaten Pati, Kabupaten Jepara, Kabupaten Blora, Kabupaten Rembang, Kabupaten Grobogan, Kota Salatiga dan Kabupaten Batang

Follow Us

  • Box Redaksi
  • Kontak & Info Iklan
  • Disclaimer
  • Kebijakan Privasi
  • Pedoman Media Siber
  • Kontak Developer

© 2021 Lingkarjateng.id - Mendalam Terpercaya

No Result
View All Result
  • Beranda
  • Jateng Hari Ini
    • Kesehatan
    • Bisnis & Ekonomi
    • Wisata
    • Hukum dan Kriminal
    • Olahraga
    • Pendidikan
    • Teknologi & Informatika
  • Regional
    • Pati Hari Ini
    • Kudus Hari Ini
    • Jepara Hari Ini
    • Rembang Hari Ini
    • Blora Hari Ini
    • Kendal Hari Ini
    • Demak Hari Ini
    • Grobogan Hari Ini
    • Semarang Hari Ini
    • Batang Hari Ini
    • Salatiga Hari Ini
  • Politik & Pemerintahan
  • Artikel
    • Inspiratif
    • Guru Menulis
  • Lingkar TV
  • Box Redaksi
  • Kontak & Info Iklan

© 2021 Lingkarjateng.id - Mendalam Terpercaya